KPU Agam Sediakan Hadiah dari Dana Sosialisasi

id KPU Agam

Lubuk Basung, (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyediakan "doorprize" atau hadiah undian satu unit sepeda motor dan beragam hadiah hiburan dari dana sosialisasi kepada pemilih yang memberikan hak pilihnya pada Pilkada 9 Desember 2015.

"Kami akan mengundi nomor induk kependudukan (NIK) bagi pemilih yang memberikan hak pilihnya, karena saat mereka memberikan hak pilih di TPS, NIK mereka akan dicatat oleh petugas," kata Divisi Teknis KPU Agam, Eri Efendi di Lubuk Basung, Senin.

Ia menambahkan, pengundian hadiah dari anggaran sosialisasi ini akan dilakukan setelah Pilkada berlangsung dengan mendatangkan pihak notaris sebagai saksi.

Bagi NIK yang tercabut tetapi pemiliknya tidak memberikan hak pilih, tambahnya, maka akan dibatalkan dan pengundian diulang.

"Kita hanya memberikan doorprize kepada pemilih yang datang untuk memberikan hak pilihnya ke TPS," katanya.

KPU Kabupaten Agam, katanya, menyediakan satu unit sepeda motor dan hadiah hiburan lainnya. Dana pengadaan hadiah ini berasal dari anggaran sosialisasi.

"Doorprize untuk pemilih hanya kita yang menyediakan dan program ini merupakan satu-satunya di kabupaten dan kota se-Sumbar," katanya.

Lebih jauh ia mengatakan, doorprize ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih saat Pilkada.

Selain memberikan doorprize, KPU Kabupaten Agam juga mengadakan sosialisasi melalui media massa, baliho, spanduk, umbul-umbul.

Jumlah pemilih di Agam sebanyak 331.785 orang dan ditambah Daftar Pemilih Tetap Tambahan satu (DPTb-1) sebanyak 615 pemilih.

Sedangkan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 9 Desember 2015 sebanyak dua pasang. Pasangan nomor urut satu atas nama Irwan Fikri-Chairunas dan pasangan nomor urut dua Indra Catri-Trianda Farhan Satria.

Sementara itu, Kepala Kesbang Pol Kabupaten Agam Rahman, mengimbau kepada wajib pilih untuk memberikan hak pilih saat Pilkada.

Ia menambahkan semua wajib pilih harus bersikap saat Pilkada, sehingga pesta demokrasi satu kali lima tahun tersebut berjalan aman, jujur dan adil.

"Kita menginginkan Pilkada di Kabupaten Agam berjalan dengan aman, jujur dan adil," katanya. (*)