Distribusi Logistik Pilkada Sumbar Selesai Awal Desember

id #calon#gubernur#

Distribusi Logistik Pilkada Sumbar Selesai Awal Desember

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2015 (cc)

Padang, (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat menargetkan distribusi logistik pemilihan kepala daerah Sumbar ke tempat pemungutan suara selesai pada awal Desember 2015.

"Sekarang, surat suara telah sampai di 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Proses sortir dan pelipatan sedang dilakukan," kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen di Padang, Selasa.

Menurutnya, akhir November setelah pelipatan, surat suara itu sudah harus sampai di kecamatan. "Kami akan lakukan percepatan," ujarnya.

Amnasmen mengatakan daerah yang menjadi perhatian khusus untuk distribusi logistik adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Karena daerahnya adalah kepulauan, kami memang harus memberikan perhatian khusus untuk Mentawai," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumbar Bidang Keuangan dan Logistik, Fikon mengatakan, proses pendistribusian logistik pemilihan gubernur (pilgub) ke KPU 19 kabupaten/kota di provinsi itu telah dilakukan pada 6 November 2015.

"Logistik pilgub tersebut ialah surat suara termasuk template braille, bilik suara, kotak suara dan tinta," katanya.

Ia mengatakan untuk surat suara yang didistribusikan sebanyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen dari jumlah tersebut sebagai cadangan.

"Jumlah pemilih di Sumbar ialah 3.481.086 orang dan kami menambah 2,5 persen dari jumlah tersebut dalam mencetak surat suara sebagai antisipasi adanya surat suara yang rusak," kata dia.

Untuk kotak suara, bilik suara dan tinta disediakan masing-masih dua buah di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Sumbar.

KPU Sumbar juga mencetak template surat suara dalam huruf braille untuk membantu pemilih disabilitas khususnya tuna netra.

"Terdapat 874 pemilih tuna netra di 19 kabupaten/kota, namun kami mendistribusikan template braille sebanyak TPS di Sumbar yaitu 11.121 buah sehingga setiap TPS memiliki satu template," kata dia.

Pilgub Sumbar akan digelar pada 9 Desember 2015, bersamaan dengan pilkada 13 kabupaten dan kota di provinsi tersebut. (*)