Dinkes Maksimalkan Pelayanan Luar Gedung

id kesehatan

Pemerintah Kota Padang Panjang, juga memaksimalkan pelayanan kesehatan luar gedung untuk perawatan kesehatan masyarakat (Perkesmas).

"Masih banyak, masyarakat kita yang tidak memiliki waktu dan kesempatan berobat kerumah sakit karena beberbagai hal dan sebab, sehingga melihat kondisi tersebut kita memprogramkan sistem jemput bola dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Nuryanuwar.

Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat melalui sarana kesehatan, belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Kota Padang Panjang, sehingga perlu terobosan baru untuk menciptakan masyarakat sehat.

"Sejauh ini pelayanan kesehatan, baru sebatas di Puskesmas, Puskeskel dan Rumah sakit Umum. Kedepan kita akan lebih menjangkau masyarakata yang selama ini belum menikmati pelayanan kesehatan dari Pemkot Padang Panjang," kata dia.

Masyarakat yang belum tersentuh oleh payanan kesehatan pemerintah daerah tersebut memiliki berbagai kendala, sehingga penyakit yang diderita masyarakat tersebut tidak mendapatkan penanganan medis.

"Kendala masyarakat kebanyakan tidak bisa datang ke klinik kesehatan karena yang akan mengantar tidak ada serta keluarga yang akan mendampingi setelah di rawat di rumah sakit juga tidak ada," sebutnya.

Bagi masyarakat yang tidak bisa mendatangi rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan lainnya, maka petugas kesehatan akan mendatangi kediaman masyarakat yang mengalami kendala kesehatan tersebut.

"Kita akan maksimalkan seluruh aparatur kesehatan, baik yang ada di Dinas kesehatan, maupun yang ada di pelayanan kesehatan untuk mendatangi kediaman si sakit," ujarnya.

Petugas yang akan mendatangi kediaman masyarakat Padang Panjang jelas Nuryanuwar akan dilakukan secara berkala, sesuai dengan tingkat kebutuhan.

"Minimal petugas akan mendatang rumah warga sekali dalam seminggu untuk memastikan tidak ada lagi masyarakat yang tidak terlayani kesehatannya," katanya. (*)