Pemkab Pesisir Selatan Serahkan Bonus Atlit Berprestasi

id Pesisir Selatan

Painan, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), menyerahkan bonus kepada atlit peraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar 2014.

Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit di Painan, Kamis, mengatakan pemberian bonus tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi bagi atlit itu sendiri dan atlit lainnya agar berpacu mencapai prestasi dari berbagai cabang olahraga yang diikuti.

"Kami berharap, dengan adanya bonus ini dapat memberi semangat bagi para atlet itu sendiri agar bisa lebih giat lagi berlatih supaya prestasi diperoleh saat ini bisa lebih meningkat di masa datang. Begitu juga dengan generasi berikutnya supaya bersungguh-sungguh mengejar prestasi, " katanya.

Ia mengakui penyerahan bonus bagi atlit yang berhasil meraih prestasi pada Porprov Sumbar yang diselenggarakan di Kabupaten Dharmasraya pada Desember 2014 tersebut sudah cukup lama, karena ada beberapa prosedural yang harus dilalui untuk pencairan dana tersebut dari anggaran yang telah disediakan pemkab setempat.

Penyerahan bonus dilakukan secara simbolis oleh Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit kepada beberapa orang atlit peraih medali dari sejumlah cabang olahraga yang ikut dan disaksikan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia setempat Welly Hendra di halaman kantor bupati setempat.

Kepada pengurus KONI setempat diharapkan agar bisa membuatkan laporan lengkap adminsitrasi terkait pencarian anggaran tersebut ke pemkab setempat secepatnya. Sebab, penggunaan dana anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kabupaten itu juga akan dilaporkan ke pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI).

Jumlah dana yang diberikan kepada seluruh atlit peraih medali pada Porprov Sumbar 2014 di Dharmasraya tersebut sebanyak Rp995 juta. Bonus diberikan kepada atlit peraih medali emas, perak dan perunggu termasuk official dari berbagai cabang olahraga yang mengikuti Porprov 2014.

Ketua KONI Pesisir Selatan, Welly Hendra mengatakan, pemberian bonus itu merupakan penghargaan dari pemkab setempat terhadap para atlit berprestasi karena keberhasilannya dalam membawa nama baik kabupaten di tingkat Sumbar.

"Bonus ini mengingat begitu beratnya perjuangan para atlit dari berbagai cabang olahraga dalam memperoleh medali demi membela nama baik Pesisir Selatan di ajang Porprov 2014 di Dharmasraya," katanya.

Pada Porprov 2014 di Dharmasraya, Pesisir Selatan berhasil menempati posisi ke-12 dari 19 kabupaten dan kota lainnya di Sumbar. Total perolehan medali sebanyak 71 dengan rincian yakni Emas sebanyak 19, Perak 22, dan Perunggu 30.

Sedangkan total cabang olahraga yang diikuti pada porprov tersebut yakni sebanyak 29 cabang olahraga. Dari jumlah itu berhasil meraih medali sebanyak 22 cabang olahraga.

Medali emas terbanyak berhasil diperoleh oleh cabang olahraga paralayang dengan total delapan emas, dan gulat tiga emas. Sedangkan di cabang olahraga eksebisi yakni sepatu roda juga menyumbang sebanyak dua emas, dan bilyar tiga emas. (*)