BMKG Sumbar Gelar SLI di Bukittinggi

id BMKG Sumbar Gelar SLI di Bukittinggi

Padang (Antara) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sicincin, Sumatera Barat akan menggelar Sekolah Lapang Iklim (SLI) bagi penyuluh pertanian di Kota Bukittinggi, 29 September - 2 Oktober 2014.
"SLI itu akan diikuti 25 orang penyuluh pertanian, dan kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari di Kota Bukittinggi," kata Panitia Pelaksana SLI II Sumbar 2014 Riski Alsyaputra di Padang, Jumat.
Ia menjelaskan, SLI tersebut merupakan pelaksanaan dari Instruksi Presiden nomor 5 tahun 2011, dimana tujuan dari kegiatan tersebut yakni memberi pemahaman kepada penyuluh pertanian terkait dengan perubahan iklim yang berkaitan dengan masa cocok tanam.
"Dalam SLI tersebut, penyuluh pertanian akan mendapatkan pemahaman mengenai bahasa-bahasa iklim yang selama ini sulit dimengerti oleh petani," katanya.
Ia menambahkan, selanjutnya penyuluh pertanian tersebut nantinya akan memberikan informasi yang memadai kepada petani terkait perubahan cuaca dan dampaknya terhadap pertanian.
Mereka antara lain akan diberi tahu kapan sebaiknya mulai melakukan penanaman padi akan pasokan air tetap tersedia.
"penyuluh akan mendapatkan informasi tentang kalender tanam, parameter-parameter iklim dan jenis tanaman yang cocok ditanam pada iklim tertentu,"katanya.
Kegiatan dengan tema "peningkatan pemahaman informasi penyuluh pertanian untuk mensukseskan ketahanan pangan" tersebut melibatkan penyuluh pertanian yang ada disentra produksi padi di Sumbar.
"Jadi dengan adanya SLI ini, penyuluh pertanian menjadi perpanjangan tangan dari BMKG kepada petani untuk memahami dan memanfaatkan informasi iklim secara efektif dalam mendukung pertanian," katanya
Kegiatan tersebut kata Riski akan mendatangkan narasumber Kepala Pusat Iklim Agroklimat dan Iklim Maritim BMKG, Nurhayati dan penelti iklim dari BMKG.(agp)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar