Minggu, 23 Juli 2017 - 29 Syawwal 1438 H

Pekan Pancasila Hidupkan Nuansa Ramadhan Di Nagan Raya Aceh

Ilustrasi TNI (Antara)
Meulaboh, (Antara Sumbar) - Prajurit TNI-AD Komando Distrik Militer (Kodim) 0116/ Nagan Raya, Korem 012 Teuku Umar, Provinsi Aceh mengadakan Pekan Pancasila Perkemahan sabtu minggu (Persami) Ramadhan 1438 Hijriah/2017 Masehi.

Komandan Kodim (Dandim) 0116/Nagan Raya Letkol Kav Moch Wahyudi, S.I.P., M.Tr (Han), di Nagan Raya, Minggu, mengatakan, salah satu hasil yang dicapai seluruh materi sosialisasi empat pilar wawasan kebangsaan dapat dipahami oleh seluruh peserta.

"Kegiatan ini sangat berguna untuk pengembangan karakter bagi generasi muda dalam meningkatkan pemahaman tentang pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa,"sebut Dandim dalam amanat yang dikirimkan kepada wartawan.

Acara tersebut dibuka pada Sabtu (10/6) dan ditutup pada Minggu (11/6) yang dirangkaikan dengan penyerahan piala dan sertifikat kepada pemenang di halaman Makodim 0116/Nagan Raya, Aceh yang turut dihadiri unsur pemerintah daerah setempat.

Kegiatan ini melibatkan peserta dan penyelenggara sebanyak 170 orang, diantaranya Pramuka Saka Wirakartika pelajar tingkat SMA se-Kabupaten Nagan Raya dengan tema "Melalui Sosialisasi 4 pilar wawasan kebangsan, Kita tingkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan pancasila bagi generasi muda Tunas Bangsa".

"Materi kegiatan berlangsung selama dua hari tersebut yakni Sosialisasi empat pilar wawasan kebangsaan, Outbound, lomba pidato, lomba puisi, pentas seni, buka puasa bersama dan shalat tarawih berjamaah," kata Letkol Kav Moch Wahyudi.

Pemda Nagan Raya sangat mendukung kegiatan Pekan Pancasila yang diambil pada momen nuansa Bulan Ramadhan tersebut sebagai upaya meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan pancasila bagi generasi muda tunas bangsa.

Ka Kwarcab Kabupaten Nagan Raya H Djamin, dalam sambutannya menyatakan, gerakan pramuka penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional yang bertujuan membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spritual, sosial, intelektual dan fisiknya.

"Agar mereka bisa membentuk kepribadian dan ahklak mulia, tertanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara bagi kaum muda di Kabupaten Nagan Raya khususnya,"sebut Djamin yang merupakan Wakil Bupati Nagan Raya tersebut. (*)



Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
 Padang,  (Antara Sumbar) - Beberapa tahun terakhir publik di Tanah Air  kerap disuguhipemberitaan ...
Baca Juga