Masyarakat Padang Berharap Semua Pasar Satelit Direnovasi

id pasar satelit

Masyarakat Padang Berharap Semua Pasar Satelit Direnovasi

Ilustrasi - Pasar satelit. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat berharap semua pasar satelit yang ada di daerah tersebut dilakukan renovasi dan rehabilitasi oleh pemerintah sebagaimana di Pasar Inpres Pasar Raya.

"Kami juga ingin Pasar Belimbing memiliki gedung yang representatif dan nyaman berbelanja," kata salah seorang pedagang di Pasar Belimbing Ridho, di Padang, Selasa.

Dia mengatakan permasalahan terbesar di lokasi tersebut yakni masih sempitnya lahan berjualan, masih kumuh dan becek saat hujan serta tidak memiliki parkir memadai.

"Pasar itu amat dekat dengan bangunan perumahan seharusnya memiliki gedung yang bertingkat sehingga ada tempat parkir," katanya.

Persoalan parkir itu penting katanya, khususnya bagi distributor. Pada sehari-hari mobil pengangkut barang saat berhenti di jalur jalan pasar menyebabkan kemacetan kendaraan.

Selain parkir, kendaraan umum seperti ojek dan angkot juga perlu diatur agar memberikan kenyamanan semua pihak.

Warga yang biasa berbelanja di Pasar Simpang Haru Eva (42) juga berharap ada renovasi bangunan dan perluasan lahan.

Dia mengatakan pemerintah sebelumnya menjanjikan pertokoan modern di sekitar pasar namun hingga saat ini tidak ada realisasinya.

Keadaan di pasar tersebut saat ini secara keamanan berbahaya karena berada pada pertigaan dan jalur lampu lalu lintas.

Selain itu juga dekat dengan rel kereta api karena keberadaan stasiun menyebabkan pasar perlu direlokasi dan kemudian direhabilitasi.

"Permasalahan terbesar tidak ada lahan parkir memadai dan sering macet," katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan pedagang di Pasar Banda Buek Erwinda, yang berharap optimalisasi di pasar tersebut.

Dia mengatakan sudah lebih empat tahun bangunan di Pasar Banda Buek tidak terlalu optimal digunakan pedagang, akibatnya bangunan tidak terawat.

Ke depan dia berharap pedagang yang ada lebih diatur dan ditertibkan sehingga kenyamanan pengunjung dan pedagang bisa lebih terjamin.

Permintaan warga ini sejalan dengan niat pemerintah kota yang akan membangun dan merenovasi pasar satelit sibuk seperti Siteba, Alai, Lubuk Buaya dan Banda Buek.

Kepala Dinas Perdagangan Padang Endrizal mengatakan pada tahun ini pihaknya akan merampungkan penertiban dan pembangunan Pasar Banda Buek dan Siteba.

Untuk Siteba katanya, tinggal relokasi dan pembenahan beberapa bangunan sedangkan Banda Buek dalam tahap konsolidasi penertiban untuk merelokasi pedagang dan parkir. (*)