Delapan Pelajar Pariaman Ikuti Pertinas Jawa Timur

id pertinas

Pariaman, (Antara Sumbar) - Delapan orang pelajar asal Kota Pariaman, Sumatera Barat, mengikuti Perkemahan Bhakti Nasional (Pertinas) V di Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, 17 hingga 23 Oktober 2016.

Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka setempat, Genius Umar di Pariaman, Selasa, mengatakan para pelajar asal Pariaman tergabung dengan Saka Bhakti Husada (SBH) se-Provinsi Sumbar sebanyak 36 peserta.

"Anak didik yang mewakili tersebut berangkat dari Kota Padang pada 15 Oktober bersama rombongan se-Sumbar," kata dia.

Ia menjelaskan delapan orang pelajar tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan secara ketat sejak bulan Agustus 2016 oleh Saka Bhakti Husada setempat.

"Ada beberapa tahapan seleksi yang dilakukan untuk bisa mewakili setiap kota dan kabupaten, mereka yang terpilih merupakan terbaik di setiap daerah," ujar Wakil Wali Kota Pariaman tersebut.

Selama di perkemahan para anggota SBH akan mengikuti kegiatan bhakti fisik seperti penanaman toga, pengecatan unit kesehatan sekolah dan mushala, jamban sehat dan lain sebagainya. Sedangkan untuk bhakti non fisik para peserta akan diberikan materi berupa penyuluhan kesehatan dan seminar.

Ia berharap para anak didik yang mewakili daerah itu juga bisa sekaligus mengenalkan kekayaan alam dan pariwisata daerah.

"Selain mengikuti kegiatan pendidikan, anak didik juga kita tanamkan agar ikut andil mengenalkan kekayaan pariwisata Sumbar khususnya Kota Pariaman," ujarnya.

Sementara itu Pimpinan Cabang (Pincab) Pariaman, Anung Respati, mengatakan delapan siswa yang mewakili Kota Pariaman yaitu Hidayatul Ilmi, Nisa Hamdani Pratiwi dari SMAN 2 Pariaman, Rini Kartika Intan, Zahara Delvy Ayunny dari SMKN 2 Pariaman.

Selanjutnya Nofendra Putra Deska, Maya Al Asyura Oktavia dan Alif Nofrialdo dari MAN Padusunan serta Nico Nofrialdo dari SMAN 4 Kota Pariaman. (*)