BI Sumbar Berikan Beasiswa pada 120 Mahasiswa

id Bank Indonesia, Beasiswa, Mahasiswa

Padang, (AntaraSumbar) - Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumatera Barat (Sumbar), memberikan beasiswa pendidikan kepada 120 mahasiswa pada tiga perguruan tinggi di Padang dengan nominal Rp500 ribu per bulan.

"Beasiswa dibagikan kepada mahasiswa Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol yang masing-masing kampus berjumlah 40 orang," kata Kepala Perwakilan BI Sumbar, Puji Atmoko di Padang, Senin.

Ia menyampaikan hal itu usai penandatangan kerja sama pemberian beasiswa dengan Rektor Unand Tafdil Husni, Wakil Rektor UNP Ardipal dan Rektor IAIN Eka Putra Wirman.

Menurutnya ini merupakan upaya BI ikut membantu peningkatan kualitas sumber daya manusia dan mendukung kemajuan pendidikan.

"Syarat penerima beasiswa adalah mahasiswa kurang mampu tapi berprestasi dengan indeks prestasi minimal 3,0 ," ujarnya.

Ia menjelaskan penerima beasiswa juga akan dilakukan pembinaan melalui Komunitas Generasi Baru Indonesia untuk dilibatkan dalam berbagai kegiatan sosial.

"Ke depan BI akan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Sumbar mulai dari penelitian hingga kuliah umum," katanya.

Sementara Rektor Unand, Tafdil Husni menjelaskan saat ini jumlah masyarakat Indonesia yang bisa menikmati pendidikan tinggi masih sedikit bari sembilan persen.

"Oleh karena itu beasiswa yang diberikan BI cukup membantu agar sumber daya manusia Indonesia siap bersaing secara global," ujar dia.

Rektor IAIN Imam Bonjol, Eka Putra Wirman berharap ke depan jumlah penerima beasiswa bertambah dan nominalnya diperbesar. (*)