Semen Padang Teken Kontrak Pembelian Peralatan Indarung VI

id Semen Padang Teken Kontrak Pembelian Peralatan Indarung VI

Semen Padang Teken Kontrak Pembelian Peralatan Indarung VI

Dirut SP Munadi Arifin dan Armin Greune (Key Account Director Hazemag), melakukan penandatangan kontrak pengadaan paket I B

Padang, (Antara) - PT Semen Padang secara resmi meneken kontrak kerja pembelian sejumlah peralatan utama, pembangunan pabrik Indarung VI, di Gedung The East, Mega Kuningan Jakarta, Kamis dengan para vendor pemenang tender peralatan impor.

"Penandatanganan kontrak tersebut untuk paket I A berupa limestone crusher dengan vendor, Tysannkruft Jerman, paket I B untuk clay crusher dengan perusahaan Hazemag (Jerman), serta paket V untuk packer dengan perusahaan Cladius Peters (Inggris)," kata Direktur Utama PT Semen Padang Munadi Arifin, di Jakarta, melalui siaran pers yang diterima.

Penandatanganan kontrak paket I A, I B, dan V dilakukan Direktur Utama PT Semen Padang Munadi Arifin, Holger Reich (Senior Project Engineer), dan Konstantin Kaysers (legal comsel) dari Tysannkruft Industrial Solutions GmbH untuk paket I A.

Untuk paket I B penandatanganan dilakukan Armin Greune (Key Account Director Hazemag), dan untuk paket V oleh Frank Siebert (Head of Commercial Contracts), dan Bernd Luebbert (Group Manager Projects Packing & Dispatch Group) dari Cladius Peters.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kontrak pembelian peralatan utama (main equipment) pabrik Semen Indonesia di Rembang.

Acara itu dihadiri jajaran Direksi PT Semen Indonesia (Persero), yakni Direktur Utama Dwi Soetjipto , Direktur Pemasaran Amat Pria Darma,Direktur Litbang dan Operasional Suharto, Direktur SDM Bambang Sugeng SI, Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis Erizal Bakar dan Direktur Bisnis Suparni .

Dari PT Semen Padang hadir Direktur Litbang dan Operasi Agus B Nurbiantoro, Deputy Project Director Indarung VI Project Chairinal Chaidir, GM Procurement dan Supporting Function Indarung VI Project Amral Ahmad , Deputy Project Director Indarung VI Project Pri Gustari Akbar.

Sebelumnya, pada 25 November 2013 telah dilakukan penandatanganan kontrak dengan perusahaan asal Denmark, FLSMIDTH A/S berkaitan dengan pengadaan peralatan paket III seperti rawmill, homogenizing silo, preheater, rotary kiln, clinker cooler, clinker storage, vertical coal mill, dan lainnya.

Selain itu juga dengan TAKRAF GmbH (Jerman) dalam hal pengadaan peralatan paket II yakni raw material handling yakni stacker dan reclaimer.

Menurut Munadi, dengan ditandatanganinya kontrak-kontrak ini, berarti proses pembangunan pabrik Indarung VI semakin nyata. Secara paralel, saat ini juga tengah dilakukan persiapan area, dan "site leveling".

Mengenai desain konstruksi, kata Munadi, diharapkan sudah dapat diterima dari para vendor 2 hingga 3 bulan ke depan, sehingga proses penentuan "main contractor" dapat ditentukan.

"Kita berharap pertengahan tahun 2014 ini, 'ground breaking' pembangunan pabrik Indarung VI dapat direalisasikan," kata dia.

Pengadaan peralatan proyek Indarung VI yang merupakan barang impor (import procurement) terdiri dari sembilan paket, yakni paket IA (limestone crusher), paket I B (clay crusher), paket II (all storage equipment), paket III (pyroprocessing line/ raw mill, kiln, cooller, coal mill, dan clinker transport), Paket IV (cement mill), paket V (packer), paket 6 (gardu induk), paket 7 (conveyor tambang), dan paket 8 (HT motor).

Direktur Litbang dan Operasi PT Semen Padang Agus B Nurbiantoro mengatakan, dengan penandatanganan kontrak pembelian paket I A, I B dan V, berarti tahapan penyelesaian paket-paket pengadaan barang impor sudah sesuai dengan rencana.

Hal ini ditentukan dari total nilai porsi impor dan tingkat urgensinya yang sudah ditandatangani, terutama paket III yang merupakan paket terbesar. Sementara yang belum dan akan ditandatangani adalah paket 4, 6, 7, dan 8, dijadwalkan sekitar akhir Januari hingga Maret 2014

Tahapan selanjutnya adalah proses "local procurement" dan setelah itu dilanjutkan dengan konstruksi fisik yang direncanakan pada Juli 2014. Sedangkan jadwal penyelesaian proyek Indarung VI adalah pada Q1 (kuartal 1) 2016.

Pada Jumat (17/1) , rencananya akan dilakukan kick off meeting paket III, di Gedung Graha Irama, Jakarta. Hal ini menandai dimulainya aktivitas proyek. Menurut Deputy Project Director Indarung VI Project Chairinal Chaidir, kick off meeting dilakukan pada paket III, karena paket ini yang memakan waktu paling panjang.

Proyek Indarung VI merupakan salah proyek yang diharapkan dapat menambah kapasitas pabrik PT Semen Padang sebanyak 3 juta ton per tahun. Saat ini, kapasitas pabrik PT Semen Padang adalah sebanyak 6,5 juta ton per tahun. (wan)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar