Fotografer Antara Sumbar Finalis Anugerah Adiwarta 2012

id Fotografer Antara Sumbar Finalis Anugerah Adiwarta 2012

Fotografer Antara Sumbar Finalis Anugerah Adiwarta 2012

Petani ikan menyaksikan ratusan bangkai ikan di tepian Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumbar, Minggu (12/2). Musibah ikan keramba mati awal tahun 2012 kembali terjadi dengan matinya sebanyak 75 ton ikan nila berdasarkan data kecamatan, akibat angin kencang menguapkan kotoran

Padang, (ANTARA) - Fotografer Kantor Berita ANTARA Biro Sumatera Barat, Iggoy el Fitra (Fitra Yogi) berhasil masuk sebagai finalis kategori Foto Berita Bidang Lingkungan, Anugerah Adiwarta Sampoerna 2012.

"Foto Musibah Ikan Mati di Danau Maninjau, Agam, yang disiarkan awal tahun 2012 terpilih sebagai finalis bidang lingkungan hidup," kata Iggoy di Padang, Jumat (23/11).

Kabar tersebut dia terima melalui surat elektronik (e-mail) dari panitia dan juga baru dipublikasikan di website Anugerah Adiwarta Sampoerna 2012.

Menurut dia, partisipasinya di Anugerah Adiwarta tahun ini merupakan yang pertama kali, setelah dua tahun sebelumnya dia sempat pesimis sehingga tidak mengirimkan karya.

Foto karya Ketua Pewarta Foto (PFI) Padang itu menggambarkan tentang petani ikan yang kecewa menyaksikan ratusan bangkai ikan di tepian Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumbar, disiarkan pada Minggu (12/2).

Musibah ikan keramba mati sekitar 75 ton akibat angin kencang menguapkan kotoran dan belerang dari dasar danau ke permukaan sehingga mengakibatkan ikan pusing kemudian mati.

Saat itu musibah tersebut menimbulkan kerugian mencapai Rp1 miliar lebih dan membuat sektor pariwisata terganggu karena pencemaran danau dan udara.

Panitia Anugerah Adiwarta 2012 menerima 1415 karya foto berita dan cetak/online dari 406 peserta yang berasal dari 152 media nasional, media lokal dan koresponden media internasional.

Menurut panitia seperti dirilis situs anugerahadiwarta.org, tahun ini, meski media lokal yang mengirimkan karya melebihi separuh dari seluruh karya yang masuk, namun media nasional masih mendominasi perolehan tempat finalis.

Sebanyak 36 dari 48 finalis merupakan jurnalis dari media nasional dan koresponden media internasional, sementara 12 lainnya berasal dari media lokal.

Karya Iggoy el Fitra masuk final di kategori bidang lingkungan hidup bersama karya Jessica Helena Wuysang yang juga dari Antara Biro Pontianak dengan judul "Evakuasi Orang Utan Sekarat" dan karya Dasril Roszandi dari Tempo dengan judul karya "Paus Ditenggelamkan".

Selain Iggoy, dari Sumatera Barat juga terpilih sebagai finalis kategori cetak dan online bidang ekonomi bisnis, Nita Indrawati dari Padangmedia.com. (**/non/wij)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar