Kepala SD di Padang diminta inovatif tingkatkan kualitas pendidikan

id SD,inovatif,kualitas pendidikan Padang

Kepala SD di Padang diminta inovatif tingkatkan kualitas pendidikan

Pj Wali Kota Padang Andree Algamar menandatangani MoU dengan PT. 8 Element. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Andree Algamar menekankan pentingnya bagi guru, terutama Kepala Sekolah Dasar (SD) terus meningkatkan kompetensi dan inovasi untuk menjaga kualitas pendidikan di daerah itu.

"Kepala sekolah harus kreatif dan inovatif untuk memajukan sekolah. Harus punya ide-ide cemerlang. Tidak masanya lagi kepala sekolah hanya sekadar menjalankan rutinitas tanpa adanya inovasi untuk kemajuan sekolah," katanya.

Ia mengatakan itu saat membuka Rapat Koordinasi Kepala SD se-Kota Padang di Padang.

Kompetensi wajib bagi seorang Kepala SD merujuk kepada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No.13 Tahun 2007.

Kompetensi itu di antaranya kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, serta kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang Yopi Krislova menyampaikan rapat koordinasi itu diadakan oleh pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kota Padang, dengan tema "Meningkatkan Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kota Padang".

"Saat ini pemerintah sudah menetapkan Kurikulum Merdeka Belajar sebagai penyempurna dari kurikulum 2013. Kepala sekolah harus memahaminya dan benar-benar menyiapkan generasi saat ini menjadi generasi emas Indonesia," katanya.

Dalam rakor itu juga dilangsungkan penandatanganan MoU antara Pemerintah Kota Padang bersama PT 8 Elements.

Mou itu untuk memperkuat dan meningkatkan literasi bahasa Inggris tingkat SD di Kota Padang.