TNI bakal unjuk kesiapan tempur pada peringatan HUT Ke-79 di Monas

id HUT Ke-79 TNI

TNI bakal unjuk kesiapan tempur pada peringatan HUT Ke-79 di Monas

Pejabat utama TNI di antaranya Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau) Marsekal Madya TNI Arief Mustofa, Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin, dan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Destianto Nugroho Utomo, berfoto bersama komunitas scooter saat acara Air Force Scooter Gathering di Apron Selatan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (11/8/2024). Kegiatan itu merupakan rangkaian dari perayaan HUT Ke-72 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma yang diperingati pada 17 Agustus.

Jakarta (ANTARA) - Tiga matra TNI yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara bakal menunjukkan kesiapan dan kemampuan tempur mereka saat puncak peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada 5 Oktober 2024.

Dalam rangkaian persiapan menuju puncak peringatan HUT, masing-masing matra pun menggelar apel untuk memastikan kesiapan prajurit dan alutsista yang akan tampil saat defile dan parade.

Dari matra laut, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali meninjau langsung kesiapan prajurit saat apel gelar pasukan di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta, Selasa.

Sebanyak 4.500 prajurit TNI AL dari berbagai satuan serta alutsista tempur TNI AL khususnya dari Korps Marinir TNI AL digelar saat upacara.

KSAL, di hadapan para prajurit, mengingatkan mereka upacara HUT Ke-79 TNI pekan depan itu bukan sekadar seremoni.

“Ini adalah panggung di mana kita menunjukkan kepada bangsa dan dunia bahwa TNI khususnya TNI Angkatan Laut selalu siap dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara. Upacara ini menjadi cerminan profesionalisme, disiplin, dan dedikasi kita sebagai prajurit,” kata Laksamana Ali saat apel gelar pasukan.

Dalam acara apel itu, Ali juga menyampaikan upacara HUT TNI 5 Oktober nanti juga menjadi kesempatan bagi TNI AL untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, sekaligus menunjukkan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang bakal purna tugas pada 20 Oktober 2024.

“Ini menjadi kesempatan kita juga untuk menunjukkan kesiapan tempur TNI AL kepada Presiden Terpilih, Bapak Prabowo Subianto. Kita tunjukkan kepada beliau bahwa TNI AL akan mendukung penuh beliau dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan, hak berdaulat, dan keamanan seluruh perairan Indonesia,” kata Ali.

Oleh karena itu, dia pun memerintahkan jajaran prajurit TNI AL untuk menampilkan yang terbaik saat puncak peringatan HUT TNI pada 5 Oktober.

“Jadikan upacara ini sebagai persembahan terbaik kalian kepada bangsa, kepada TNI, dan kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah memimpin kita selama ini, serta kepada Presiden Terpilih Bapak Prabowo Subianto yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan Indonesia,” kata KSAL ke jajaran prajurit TNI AL.

Jajaran pejabat utama Markas Besar TNI Angkatan Laut memeriksa pasukan saat apel kesiapan HUT Ke-79 TNI di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta, Selasa (24/9/2024). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut.

Sementara itu, dari matra darat, Markas Besar TNI AD mempersiapkan 56.900 prajurit dari berbagai satuan di wilayah Pulau Jawa untuk mengikuti puncak peringatan HUT Ke-79 TNI di Monas.

Dari jumlah itu, prajurit TNI AD yang tergabung dalam pasukan defile ada sebanyak 1.918 orang, yang terdiri atas 204 prajurit Korps Wanita TNI AD (Kowad), 206 prajurit dari Polisi Militer TNI AD (Pomad), 504 prajurit TNI AD dari Kopassus, 502 prajurit dari Kostrad, dan 502 prajurit dari Kodam Jaya.

Terakhir dari matra udara, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono meninjau langsung kesiapan prajurit TNI AU yang bakal dikerahkan saat HUT TNI, Senin (23/9).

Dalam kegiatan apel gelar pasukan di Apron Wing Udara 1 Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Tonny meninjau kesiapan 4.851 prajurit TNI AU yang berasal dari Polisi Militer TNI AU (Pomau), Wanita TNI AU (Wara), air crew, pasukan khusus dari Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), dan pasukan Swa Bhuwana Paksa.

Marsekal Tonny juga mengecek langsung kesiapan alutsista udara yang bakal tampil saat peringatan HUT TNI Ke-79 di Monas.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama TNI Ardi Syahri menyebut ada 181 alutsista udara TNI bakal unjuk kemampuan saat peringatan HUT TNI. Dari jumlah itu, 148 di antaranya alutsista udara TNI AU, 15 pesawat dari TNI AL, dan 18 pesawat dari TNI AD. Pesawat-pesawat itu bakal menampilkan serangkaian atraksi aerobatik di langit Monas saat puncak peringatan HUT Ke-79 TNI.

Di hadapan jajaran prajurit TNI AU, KSAU menyatakan peringatan HUT TNI di Monas itu bukan sebatas seremoni, tetapi menjadi kesempatan bagi para prajurit untuk menunjukkan kesiapan operasional mereka dan alutsista dalam menjaga wilayah udara Indonesia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TNI bakal unjuk kesiapan tempur saat peringatan HUT Ke-79 di Monas