KPU Solok Selatan terima pendaftaran dua paslon Pilkada 2024

id KPU Solok Selatan, terima pendaftaran, dua pasang calon,berita solsel,berita sumbar

KPU Solok Selatan terima pendaftaran dua paslon Pilkada 2024

Ketua KPU Solok Selatan Ade Kurnia Zelli serta Ketua Bawaslu Solok Selatan Zulnasri menyaksikan penandatanganan visi misi calon kepala daerah yang mendaftar. Antara/Erik.

Solok (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menerima pendaftaran dua bakal pasangan calon Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Kamis.

Ketua KPU Solok Selatan Ade Kurnia Zelli, di Padang Aro, menyebutkan, dua pasang calon yang mendaftar di hari terakhir yaitu Khairunas-Yulian Efi yang di usung oleh delapan partai politik dan Armensyah Johan-Boy Iswarmen didukung dua parpol.

"Berkas yang diberikan oleh pasangan calon dilakukan verifikasi oleh tim KPU setelah lengkap baru diberikan tanda terima," katanya.

Dia mengatakan, pendaftaran pilkada serentak dilakukan pada 27-29 Agustus 2024 dan hari ini merupakan yang terakhir.

Untuk 27 dan 28 Agustus 2024, pendaftaran dibuka sampai pukul 16.00 WIB dan tidak ada yang mendaftar sedangkan pada 29 Agustus pendaftaran sampai pukul 23.59 WIB.

Pasangan Khairunas-Yulian Efi mendaftar pukul 12.00 WIB dengan partai pengusung yaitu Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, PDI Perjuangan, PPP, PAN, dan PKB dengan jumlah perolehan suara pada Pemilu 2024 sebanyak 79.094 serta perolehan kursi di DPRD 21 kursi.

Sedangkan pasangan Armensyah Johan-Boy Iswarmen diusung partai NasDem dan Partai Buruh dengan jumlah perolehan suara pada Pemilu 2024 sebanyak 17.192 dan hanya NasDem yang memiliki kursi di DPRD dengan empat kursi.

Dia berharap, dengan sudah adanya pendaftaran ini dapat mewujudkan demokrasi yang berkualitas.

"Kami bertekad melaksanakan pilkada serentak berkualitas baik proses maupun hasilnya," ujarnya.

Kedua pasang calon kepala daerah di Solok Selatan sama-sama menyerukan Pilkada damai yang berjalan lancar dan aman.