AWR-MW pasangan terakhir mendaftar ke KPU Agam

id Andri Warman-Martias Wanto,KPU Agam

AWR-MW pasangan terakhir mendaftar ke KPU Agam

Ketua KPU Agam Herman Susilo menyerahkan surat tanda terima kepada Andri Warman-Martias Wanto. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Agam, Sumatera Barat Andri Warman-Martias Wanto mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk maju pada Pilkada 2024, Kamis.

"Pendaftaran kami sebagai bupati dan wakil bupati telah diterima KPU, sehingga menunggu pemeriksaaan kesehatan," kata Andri Warman di Lubuk Basung, Kamis.

Ia mengatakan diusung menjadi bupati dan wakil bupati oleh PAN, Gerindra, Golkar dan PBB. Dengan kekuatan ini, ia bisa memenangkan pesta demokrasi di daerah itu.

Apabila diamanahkan menjadi kepala daerah, maka akan melanjutkan program sebelumnya baik di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa.

"Beasiswa yang kita berikan tersebut mulai tingkat SD, SMP, SMA sampai kepengurusan tinggi," katanya.

Bidang pariwisata, tambahnya, melanjutkan pembangunan destinasi wisata di Danau Maninjau dan destinasi lainnya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, karena selama memimpin Agam, tidak bisa terlaksana akibat COVID-19, Pilkada dan lainnya.

Setelah itu, membangun infrastruktur di daerah tersebut dan terutama pelebaran jalan Simpang Gudang Manggopo menuju Balai Selasa Lubuk Basung.

"Secara regulasi kita tentu wajib berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi Sumbar, karena jalan itu secara de facto di bawah komando Pemrov Sumbar. Tetapi masalah lahan kita usahakan terutama di Nagari Kampung Tengah sampai Manggopoh sudah hampir selesai sekitar 80 persen," katanya.

Sementara Bakal Calon Wakil Bupati Agam Martias Wanto menambahkan dalam membangun Agam bakal mencari peluang ke pemerintah pusat melalui partai pengusung, karena partai pengusung tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

"Kita yakin dengan kekuatan partai pengusung ini bisa mencari dana di pusat nantinya," katanya.

Ketua KPU Agam Herman Susilo mengatakan surat persetujuan dan surat pencalonan pasangan ini sudah lengkap dan diterima.

"Kita telah mengeluarkan tanda terima dan surat pengantar pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon ini," katanya.

Dengan telah mendaftarnya Andri Warman-Martias Wanto ke KPU Agam, maka sudah empat pasangan calon yang mendaftar ke KPU Agam.

Sebelumnya KPU Agam menerima pendaftaran Guspardi Gaus-Yogi Yolanda pada Kamis (29/8), Benni Warlis-Muhammad Iqbal pada Selasa (27/8) dan Irwan Fikri-Asra Faber pada Rabu (28/8).