Pemkot Pariaman bagikan ribuan bendera semarakkan HUT Kemerdekaan RI

id Pemkot Pariaman,BERITA PARIAMAN,BERITA SUMBAR

Pemkot Pariaman bagikan ribuan bendera semarakkan HUT Kemerdekaan RI

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pariaman Fery Bagindo Putra (kanan) saat pembagian Bendera Merah Putih. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat telah membagikan 1.500 Bendera Merah Putih kepada warga guna menyamarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan RI dan menumbuhkan semangat nasionalisme masyarakat di daerah itu.

"Dengan dibagikannya 1.500 Bendera Merah Putih kepada masyarakat tersebut kami berharap dapat meningkatkan semangat nasionalisme mereka," kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pariaman Fery Bagindo Putra di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan pembagian Bendera Merah Putih juga merupakan upaya memupuk semangat kebangsaan dan komitmen warga untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa di Pariaman.

Oleh karena itu, lanjutnya Menteri Dalam Negeri RI mengeluarkan surat pada 8 Mei 2024 dengan Nomor 400.10.1.1/2152/SJ tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024.

Berdasarkan surat tersebut, kata dia Pemkot Pariaman melalui Kesbangpol mengumpulkan Bendera Merah Putih dari sejumlah pihak mulai dari organisasi perangkat daerah aparat kepolisian dan TNI serta pihak lainnya.

Pembagian bendera tidak saja melalui pihak terkait namun juga kepada pengendara yang melintas di jalan depan Kantor Walikota Pariaman.

Ia meminta masyarakat untuk menghormati Bendahara Merah Putih karena para pahlawan telah berjuang tidak saja mengorbankan harta namun juga nyawa agar negara ini merdeka dan bendera yang menjadi indentitas negara ini dapat berkibar.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menargetkan membagikan 1.500 helai bendera Merah Putih kepada warga di daerah itu guna menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-79 Kemerdekaan RI.

"Saat ini yang terkumpul baru 500 helai yang 100-an helai diantaranya telah dibagikan kepada warga di Pariaman. Besok kami bagikan lagi," kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pariaman Ferry Ferdian Bagindo Putra di Pariaman.

Ia mengatakan bendera yang dikumpulkan tersebut diperoleh dari organisasi perangkat daerah (OPD), BUMN dan BUMD serta pihak lainnya yang ada di Pariaman guna mendukung program pemerintah pusat yakni pembagian bendera Merah Putih sebanyak 10 juta helai di seluruh wilayah Indonesia.

Ia menyampaikan pada tahun lalu pihaknya sukses mengumpulkan bendera dari pihak tersebut dengan jumlah yang terkumpul dan dibagikan sekitar 1.000 helai.