Sekda Pariaman nyatakan memundurkan diri karena maju Pilkada

id Sekda Pariaman,berita pariaman,berita sumbar,pilkada 2024

Sekda Pariaman nyatakan memundurkan diri karena maju Pilkada

Mantan Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Sumbar Yota Balad bersalaman dengan pegawai di lingkungan pemerintah setempat usai apel pagi pada Senin (5/8) pagi serta mengumumkan pemunduran dirinya sebagai Sekda. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, Sumatera Barat Yota Balad menyatakan memundurkan diri dari jabatannya karena dirinya akan maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) setempat berpasangan dengan Mulyadi yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua DPRD di daerah itu.

"Saat ini saya cuti di luar tanggungan negara, permohonan cuti saya serahkan pada Senin kemarin (5/8)," kata Yota Balad di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan dirinya juga telah menyerahkan aset pemerintah daerah yang melekat pada dirinya dan istrinya selama menjadi Sekda Kota Pariaman kepada pemerintah setempat pada Senin kemarin.

Ia menyampaikan pengunduran diri serta penyerahan aset tersebut merupakan bentuk komitmen dirinya untuk tidak menggunakan jabatan serta fasilitas negara untuk berpolitik.

Dirinya akan membuat surat pemunduran diri sebagai aparatur sipil negara menjelang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum setempat, kata dia.

"Setelah ini saya akan memasang baliho sosialisasi (maju Pilkada di Pariaman)," katanya.

Ia pun juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat pemilih di Pariaman sekaligus menyampaikan program pembangunan yang akan dilakukan.

Yota menyampaikan ia maju bersama dengan tokoh politik dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Mulyadi.

"Partai pengusung kami yaitu Nasional Demokrat (Nasdem) dan PPP," ujarnya.

Yota juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di Pariaman untuk bersama-sama membangun kota tersebut agar menjadi lebih baik.

Diketahui saat apel dengan ASN di Pariaman pada Senin pagi ia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pegawai di lingkungan pemerintah setempat jika melakukan kesalahan selama bergaul dan mengabdi sekitar 20 tahunan di kota Tabuik tersebut.

Saat ini jabatan Sekda Pariaman diisi oleh pelaksana tugas yaitu Yaminu Rizal yang merupakan Asisten Setdako Pariaman bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.