Generasi muda Sumbar gabung tim paduan suara HUT RI di Istana Merdeka

id Mahyeldi,paduan suara

Generasi muda Sumbar gabung tim paduan suara HUT RI di Istana Merdeka

Gubernur Sumbar, Mahyeldi melepas empat generasi muda yang akan bergabung dalam paduan suara memperingati HUT RI di Istana Merdeka. ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar

Padang (ANTARA) - Empat orang generasi muda asal Sumatera Barat terpilih untuk bergabung dengan tim paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) Tahun 2024 yang akan tampil pada peringatan HUT ke-79 RI tingkat nasional pada 17 Agustus 2024.

Empat generasi muda itu itu masing-masing Muhammad Khalish Fathani (nada tenor), Aqeela Ramadhani Irianto (nada alto), Syarifa Izdihara (nada sopran), dan Andika Fudhael Putra (nada bass).

Gubernur Sumbar Mahyeldi saat melepas empat perwakilan itu di Padang, Kamis, mengatakan keterlibatan di paduan suara GBN adalah momentum yang sangat tepat bagi talenta muda Sumbar untuk merayakan kekayaan budaya dan seni musikalisasi, menunjukkan bakat, sekaligus mempererat tali persaudaraan dengan perwakilan dari 38 provinsi lain di Indonesia.

"Kita berharap generasi muda hebat yang tampil di Istana Negara ini dapat tampil maksimal dan turut mengharumkan nama Sumbar di kancah nasional," katanya.

Ia mengatakan pengalaman di tingkat nasional sangat bagus untuk memupuk mental dan kepercayaan diri sekaligus memperluas wawasan.

"Pengalaman ini juga akan mampu memupuk rasa nasionalisme generasi muda kita," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Jefrinal Arifin, menyebutkan utusan Sumbar di paduan suara GBN sebelumnya sudah melewati tahap seleksi yang ketat. Utusan itu akan bergabung dengan teman-teman mereka dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Besok rencananya mereka akan berangkat untuk pemusatan latihan. Kita berharap mereka dapat melengkapi apa-apa yang masih kurang, dengan mempelajari teknik membaca not serta mematangkan vokal masing-masing sehingga bisa tampil dengan maksimal," ujarnya.

Ia menambahkan paduan suara GBN merupakan agenda tahunan Kemendikbudristek yang ditindaklanjuti oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar.

"Melalui seni dan budaya, GBN diharapkan menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme," katanya.