Hari pertama dibukanya jalur Lembah Anai terjadi antrian di beberapa titik (Video)

id jalur lembah anai

Hari pertama dibukanya jalur Lembah Anai terjadi antrian di beberapa titik (Video)

Padang Panjang (ANTARA) - Jalur lembah anai secara resmi kembali dibuka setelah lebih kurang dua bulan terputus akibat bencana banjir bandang lahar dingin 12 Mei lalu dan proses pengerjaan.

Sejak pagi pukul 07:00 WIB arus kendaraan yang melewati jalur Lembah Anai dari arah Padang Panjang-Padang sudah tampak keramaian, intensitas jumlah kendaraan semakin ramai hingga pukul 09:00 WIB.

Terjadi antrian di gerbang Batas Kota Padang Panjang-Padang Pariaman atau di KM20 karena pengerjaan perbaikan jalan masih berlangsung. petugas memberlakukan tutup buka di beberapa titik diantaranya di KM20 dan KM66.

Kapolres Padang Panjang yang dikonfirmasi Antara, kembali mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati saat melewati jalan di Lembah Anai karena di beberapa titik masih berlangsung pengerjaan perbaikan jalan.

“Kepada masyarakat pengguna jalan khususnya pemilik kendaraan yang melewati jalur Lembah Anai untuk tidak berhenti di titik-titik pengerjaan jalan karena ini dapat menimbulkan kemacetan dan mengganggu proses pengerjaan jalan yang masih berlangsung,” kata AKPB Kartyan Widyarso Wardoyo Putro, S.I.K, M.A.P.

Ia menjelaskan setelah dimulainya pembukaan jalur Lembah Anai hari ini, seminggu kedepan akan dilakukan evaluasi untuk kendaraan sumbu 3.

“Kita masih evaluasi seminggu kedepan untuk kendaraan sumbu 3 keatas, bisa tidaknya melintas di jalur Lembah Anai, tentunya dengan melihat arus kendaraan kecil yang melintas tiap harinya,” kata Kapolres.

Ia juga mengimbau agar yang melintas hati-hati di jalan dan tetap mengutamakan keselamatan karena masih banyak titik pengerjaan dan tumpahan material.

“Kami mengimbau agar tidak berhenti di sepanjang jalan dari air terjun Lembah Anai sampai batas kota Padang Panjang karena akan membuat arus kemacetan. Untuk kegiatan wisata, alam Lembah Anai sudah tidak ada aktivitas, jadi para pelintas tidak ada yang berhenti, lebih baik berwisata dan berbelanja ke Kota Padang Panjang, agar perekonomian masyarakat Padang Panjang pulih kembali dari dampak bencana alam lalu,” imbau Kapolres.

Sementara itu dari pertigaan Simpang Padang Silaiang Atas Padang Panjang, arus kendaraan dari arah Bukittinggi menuju Padang semakin meningkat dan di perkirakan hingga sore arus kendaraan dari arah Padang-Padang Panjang-Bukittinggi atau sebaliknya semakin meningkat karena akhir pekan.