Padang Panjang shalat Idul Adha besok

id shalat Idul Adha

Padang Panjang shalat Idul Adha besok

Plh. Wako Dr.Winarno, S.E, ME, berharap masyarakat dapat melaksanakan shalat Idul Adha dan kurban sesuai ketentuan, aman dan lancar. (ANTARA/ Isril)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah kota Padang Panjang, Sumatera Barat, gelar pelaksanaan salat Idul Adha 1445 hijriyah di lapangan Khatib Sulaiman Bancah Laweh, Senin (17/6), namun apabila cuaca hujan di alihkan kebeberapa masjid di kota itu.

Plh. Walikota Padang Panjang Dr.Winarno, S.E, M.E menyebutkan sesuai surat edaran bersama walikota, ketua DPRD, Kemenag dan MUI tentang himbauan pelaksanaan shalat idul Adha 10 Zulhijah, Pemkot bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menyepakati salat Idul Adha tahun ini pada tanggal 17 Juni.

"Sesuai kesepakatan bersama awal Juni lalu salat Idul Adha tingkat kota dilaksanakan di lapangan Anas Karim Bancah Laweh pada hari Senin (17/6) besok, namun apabila hujan, akan dipusatkan di Masjid Agung Manarul Ilmi Islamic Centre Padang Panjang, masjid Ilham Koto Panjang dan masjid Al Ikhlas Tanah Hitam," kata Winarno, Minggu (16/6).

Bertindak sebagai khatib shalat Idul Adha KaKankemenag Drs. H. Alizar, M.Ag dengan Imam Mustarizal, S.IQ, S.Ag, kepala TPQ masjid Jihad.

Winarno, mengimbau masyarakat dan pengurus masjid/ musholla agar pelaksanaan takbiran diselenggarakan di masing-masing masjid dan musholla, masyarakat menjauhi prilaku mubazir dan peduli pada fakir miskin dan memathui protokol kesehatan.

"Mari kumandangkan takbir selama hari tasryik dan tetap kita jaga kebersihan lingkungan apalagi saat dan usai pelaksanaan shalat Id, agar tidak membuang kertas atau plastik yang habis digunakan sebagai alas tempat shalat dilapangan nanti," ajak Winarno.

Terkait pelaksanaan kurban, Winarno kembali mengingatkan panitia kurban untuk membeli hewan kurban yang memenuhi syarat sehat dan syari'at agama, ternasuk prosesi penyembelihan dan pendistribusian daging kurban yang harus sesuai dengan ketentuan.

Sementara itu pantauan di lokasi lapangan Khatib Sulaiman Bancah Laweh yang biasanya ramai dengan kegiatan olahraga masyarakat, pada sabtu dan Minggu pagi tampak sepi dari aktifitas masyarakat, khususnya dilapangan beraspal yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan shalat Idul Adha.

"Memang kami telah perintahkan OPD terkait untuk membersihkan lapangan ini termasuk penyemprotan dan tidak melakukan aktifitas sementara untuk kegiatan olahraga dilokasi ini oleh masyarakat, mudah-mudahan esok cuaca cerah dan kegiatan shalat Id berjalan lancar," harap Winarno.

Seperti biasanya selain di lapangan Khatib Sulaiaman untuk tingkat kota, shalat Id juga dilaksanakan di lapangan Brimob Silaiang Atas Kecamatan Padang Panjang Barat dan lapangan SMP Negeri 3 di Kecamatan Padang Panjang Timur dan masing-masing masjid di Padang Panjang.