Dua kebakaran dalam semalam di Agam, seorang lansia jadi korban

id kebakaran agam

Dua kebakaran dalam semalam di Agam, seorang lansia jadi korban

Petugas pemadam kebakaran dan warga mengevakuasi jenazah korban kebakaran di Ampang Gadang, Agam. (Antara/HO-Damkar Agam)

Bukittinggi (ANTARA) - Kejadian kebakaran terjadi di dua lokasi dalam waktu berdekatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Rabu (5/6) dini hari. Seorang warga lanjut usia (lansia) menjadi korban.

"Korban atas nama Yuliusma (83), informasi sementara dari warga korban dalam kondisi tidak bisa berjalan," kata Komandan Regu Damkar Agam, Alex.

Ia mengungkap korban meninggal di kebakaran yang terjadi di Desa Surau Kamba Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Agam sekitar jam 01.30 WIB.

"Itu kebakaran kedua dalam semalam yang sebelumnya terjadi di Desa Koto Tangah, Tilatang Kamang," kata Alex.

Menurutnya, baru sekitar 15 menit kembali dari pemadaman di lokasi pertama, petugas kembali menerima laporan kebakaran dan melakukan evakuasi.

"Api cepat membesar di rumah semi permanen ini dan nyaris membakar rumah lainnya. Waktu dua jam pemadaman dengan dua unit Damkar Agam dibantu dua Damkar Bukittinggi, dan Payakumbuh," katanya.

Jenazah korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi dan pagi ini dimakamkan oleh pihak keluarga.

"Jenazah sudah dimakamkan pagi ini. Korban tinggal berempat di dalam rumah namun tiga lain bisa menyelamatkan diri sementara korban tidak tertolong," kata Sekretaris Desa Ampang Gadang, Anton.

Belum diketahui asal api dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp200 juta tersebut.

Kebakaran terjadi bertepatan dengan waktu pemadaman listrik bergilir yang dilakukan PLN di Sumbar.