Trauma banjir susulan, warga Cangkiang Agam minta pemerintah normalisasi sungai

id normalisasi sungai AGAM,BERITA AGAM,BERITA SUMBAR,Pemkab Agam

Trauma banjir susulan, warga Cangkiang Agam minta pemerintah normalisasi sungai

Sungai Batang Aia Katiak di Desa Cangkiang, Kabupaten Agam alami pendangkalan pasca banjir lahar dingin Gunung Marapi. Warga setempat berharap disegerakan normalisasi sungai ini sebagai langkah antisipasi bencana (Antara/Al Fatah)

Agam (ANTARA) - Jelang satu bulan musibah banjir lahar dingin di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Warga terdampak di Desa Cangkiang mendesak pemerintah segera normalisasi Sungai Batang Aia Katiak.

Warga di Kecamatan Ampek Angkek, Agam itu mengaku khawatir karena sungai ini mengalami pendangkalan pasca terjadinya banjir lahar dingin pada Sabtu (11/5) lalu.

"Banyak terjadi pendangkalan, bahkan ada pohon bambu yang roboh. Termasuk dengan berubahnya alur sungai, kondisi ini jelas sangat mengkhawatirkan," kata seorang warga, Hatta Rizal, Selasa.

Rizal mengatakan alur sungai yang mengalami pendangkalan itu utamanya yang berlokasi dari Desa Cangkiang ke arah Bukik Batabuah yang menjadi titik bencana. Persisnya pendangkalan ini dari Jembatan Cangkiang ke Batang Aia Tumbuak.

Ia mengaku sebelumnya ada satu alat berat dari Pemkab Agam yang telah masuk ke sungai dan menormalisasi sungai.

"Namun alat berat itu hanya sebentar saja di sungai, kemudian rusak berhari-hari. Bahkan di awal-awal musibah, kami terpaksa menyewa alat berat untuk pembersihan rumah warga," kata Rizal.

Menurutnya, warga sangat khawatir jika pendangkalan ini bisa mendatangkan bencana mengingat topografi pemukiman di dekat sungai yang berada di tempat rendah.

"Sekarang potensi bahaya itu ada di kampung kami, sebab di daerah lain sungainya sudah dikeruk dan dalam, sementara kami yang berada di bawah, masih dangkal dan butuh normalisasi," kata dia.

Desa Cangkiang menjadi salah satu daerah terdampak saat kejadian banjir lahar dingin. Sedikitnya 55 rumah digenangi air dan lumpur.

Sementara puluhan hektar lahan pertanian juga rusak ditimbun material. Di arah hilir dari perkampungan, terdapat sebuah embung besar yang saat ini tengah dikeruk alat berat dari BWS Sumbar.

"Jika terjadi hujan, apalagi malam hari, kami sangat cemas air sungai kembali meluap, kami sangat berharap atensi dari pemerintah," pungkasnya.