KPU Agam pertimbangkan berbagai aspek pemetaan TPS Pilkada

id KPU Agam ,Berita agam,Berita sumbar,Pilkada 2024

KPU Agam pertimbangkan berbagai aspek pemetaan TPS Pilkada

Ketua KPU Kabupaten Agam Herman Susilo. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat mempertimbangkan berbagai aspek saat melakukan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada 2024, dalam meningkatkan partisipasi pemilih nantinya.

"Ada beberapa aspek dalam pemetaan TPS pada Pilkada yang kita lakukan bersama Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK)," kata Ketua KPU Agam Herman Susilo di Lubuk Basung, Selasa.

Ia mengatakan aspek yang dipertimbangkan itu berupa geografis daerah, jarak rumah pemilih dari TPS, tidak memilih di TPS di nagari atau desa tetangga.

Setelah itu tidak boleh memisahkan pemilih dalam satu kartu keluarga, jumlah pemilih paling banyak 600 orang, memperhatikan kemudahan pemilih ke TPS dan lainnya.

"Apabila di suatu lokasi hanya ada pemilih sekitar 200 orang, sedangkan TPS terdekat cukup jauh, maka akan dibentuk TPS di daerah itu," katanya.

Ia menambahkan pemetaan TPS tersebut dalam rangka untuk mengakomodir pemilih dalam memberikan hak pilihnya, sehingga partisipasi akan tinggi.

Hasil pemetaan tersebut bakal difinalkan pada Selasa (28/5) dan dilaporkan ke KPU RI nantinya.

"Rapat koordinasi pemetaan TPS sedang berlangsung dan rapat koordinasi itu kita selesaikan hari ini," katanya.

Ia mengakui jumlah TPS pada Pilkada 2024 nanti bakal berkurang dibanding Pemilu 2024 sebanyak 1.721 TPS.

Ini mengingat bahwa pada Pilkada 2024 maksimal jumlah pemilih 600 orang setiap TPS, sedangkan pada Pemilu hanya 300 orang setiap TPS.

"Akan terjadi pengurangan TPS pada Pilkada nanti dibanding Pemilu sebelumnya. Setelah pemetaan TPS dilakukan, maka merekrutmen pantarlih," katanya.