Pimpinan Kemenkumham Sumbar hadiri pengukuhan KDEKS Kota Pariaman

id KDEKS Kota Pariaman,Kemenkumham Sumbar

Pimpinan Kemenkumham Sumbar hadiri pengukuhan KDEKS Kota Pariaman

Padang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat Amrizal menghadiri kegiatan pengukuhan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS) Pariaman pada Kamis (28/3).

Selanjutnya dilaksanakan penandatangan berita acara pengukuhan Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Amrizal yang didampingi oleh Kepala Lapas Pariaman, Effiandi.

Pj Wali Kota Pariaman, Roberia mengatakan adopsi pemindahan buku rekening gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pariaman dari Bank Nagari Konvensional ke Bank Nagari Syariah sesuai program pemerintah provinsi.

Menurutnya ketika hal itu diterapkan, maka Pariaman merupakan kota pertama yang menjalankannya di daerah kota atau kabupaten se-Indonesia.

Karena persiapan sudah dimulai Kota Pariaman pada bulan Desember 2023 dan segera terealisasi pada Januari 2024.

Ia mengatakan untuk memajukan ekonomi syariah di Pariaman diperlukan SDM yang berkualitas dan paham tentang program tersebut, sekaligus bisa mensosialisasikannya kepada masyarakat.

Maswar yang mewakili Gubernur Sumatera Barat yang mengatakan visi misi yang dicanangkan KDEKS sejalan dengan visi misi Sumbar yang menganut "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK)".

Ia berharap KDEKS mampu menggerakkan lokomotif pengembangan ekonomi syariah di Indonesia sekaligus menjadi motor penggerak pembangunan ekosistem ekonomi syariah yang unggul dan berkelanjutan.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Sumatera Barat, Forkopimda Kota Pariaman dan Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Barat di Aula pemerintah kota Pariaman kantor walikota Pariaman.