Solok Selatan lakukan seleksi paskibraka Kabupaten

id paskibraka Kabupaten solsel,berita solsel,berita sumbar]

Solok Selatan lakukan seleksi paskibraka Kabupaten

Pelajar SMA sederajat melakukan tes tahap II yaitu seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan untuk menjadi pasukan Paskibraka Kabupaten, di Padang Aro, Senin. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik tengah melaksanakan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten tahun 2024.

Kepala Kesbangpol, Zulhendra Wilson, di Padang Aro, Senin, mengatakan jumlah peserta yang mendaftar melalui aplikasi BPIP 285 orang, lulus sebanyak 224 orang yang mengikuti tes tahap kedua.

"Calon peserta ini yang akan diseleksi menjadi Paskibraka Kabupaten Solok Selatan tahun 2024 sebanyak 62 orang. Sementara kuota calon Paskibraka Provinsi Sumatera Barat masih menunggu informasi lebih lanjut,” katanya.

Proses seleksi kali ini telah melalui tahapan kedua yaitu seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Setelah sebelumnya dilakukan seleksi administrasi pada tanggal 27 Februari hingga 11 Maret 2024 melalui aplikasi Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

Dia berharap dengan seleksi yang sedang berjalan, Kabupaten Solok Selatan bisa mengirimkan salah satu putra/puteri terbaiknya menjadi Paskibraka tingkat nasional.

"Hari ini juga dilaksanakan seleksi tahapan ketiga yaitu Seleksi Intelegensi Umum," ujarnya.

Selanjutnya, Seleksi Kesehatan dilaksanakan tanggal 19 s.d 20 Maret 2024, Seleksi Peraturan Baris-berbaris dan Kesamaptaan tanggal 15 sampai 16 April 2024 serta Seleksi Kepribadian tanggal 18 April 2024. Kemudian seleksi kabupaten ini akan ditetapkan dengan sistem perengkingan dan direncanakan diumumkan pada 29 April 2024.