Pemkab Solok gelar bazar bahan pangan murah sambut Ramadhan

id Pemkab Solok, gelar bazar, bahan pangan murah, tekan inflasi

Pemkab Solok gelar bazar bahan pangan murah sambut Ramadhan

Sejumlah warga tampak antusias mendatangi pasar murah yang digelar Pemkab Solok, Sumatera Barat (ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat (Sumbar) melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar bazar atau pasar murah bahan pokok dan hasil pertanian guna menekan inflasi daerah yang terjadi menyambut Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala Bidang Perdagangan dan Kemetrologian Dinas Koperindag Kabupaten Solok Hendrianto di Solok, Minggu mengatakan pemerintah Kabupaten Solok terus berupaya menjaga stabilitas harga pangan dan memastikan ketersediaan pangan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain itu, berbagai kebijakan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat, salah satunya yang diterapkan pemerintah, yaitu Gerakan Pangan Murah (GPM).

Ia juga mengatakan sebagai penyelenggara kegiatan operasi pasar ini adalah TPID Kabupaten Solok melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) bekerja sama dengan BULOG Sub Divisi Regional.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan adalah dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan sekaligus untuk menjaga kestabilan harga dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Hendrianto menyebutkan bahwa komoditi yang disediakan dalam operasi pasar ini adalah berupa telur ayam ras Rp50 ribu/ 30 butir, beras SPHP Rp55 ribu/5 kg, gula pasir kemasan Rp17 ribu/kg, minyak goreng Rp17 ribu/liter, daging kerbau beku Rp85 ribu/kg, dan ikan sarden kaleng kecil Rp11 ribu.

"Kita berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat membantu masyarakat khususnya dalam menghadapi hari-hari besar keagamaan," ucap dia.

Selain itu, ia mengatakan kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari Undang Undang No.18 tahun 2012 tentang pangan pada Bab V poin 2 yang berbunyi, dalam mewujudkan keterjangkauan pangan, Pemerintah dan Pemerintah daerah melaksanakan kebijakan Pemerintah di bidang distribusi, pemasaran, perdagangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan bantuan pangan pokok.

Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah ini dilaksanakan di di halaman depan Islamic Center Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Masyarakat yang hadir pun sangat antusiasme membeli bahan pangan pokok yang terjangkau dan berkualitas yang digelar Pemkab Solok tersebut.