Partai Golkar raih suara terbanyak di pemilu DPRD Pasaman Barat

id pemilu DPRD Pasaman Barat,Berita sumbar,Berita pasbar

Partai Golkar raih suara terbanyak di pemilu DPRD Pasaman Barat

Ketua DPD II Partai Golkar Pasaman Barat Dirwansyah. (Antara/Altas Maulana). 

Simpang Empat (ANTARA) - Partai Golongan Karya (Partai Golkar) meraih suara terbanyak pada Pemilu 2024 untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) dengan raihan suara 30.188 melebihi peserta lainnya.

"Selain sebagai partai yang meraih suara terbanyak, juga menempatkan dua orang calon legislatif kita di posisi pertama dan kedua peraih suara terbanyak se-Pasaman Barat," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar Pasaman Barat Amrizal di Simpang Empat, Rabu.

Menurutnya hasil perolehan suara itu tertuang dalam keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman Barat Nomor 544 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Anggota DPRD Pasaman Barat Tahun 2024.

Ia menjelaskan ada pun dua orang calon legislatif Partai Golkar peraih suara terbanyak yakni Dirwansyah dengan perolehan suara sah 4.066 dan Rommy Candra dengan perolehan suara sah 3.975 se-Pasaman Barat.

"Berkat perjuangan para kader dan doa warga Pasaman Barat, Partai Golkar kembali bangkit dari keterpurukannya serta berhasil merebut kembali kursi Ketua DPRD periode saat ini," ujarnya.

Ia mengungkapkan di awal Pasaman Barat berdiri pada tahun 2004, Partai Golkar selalu dipercayai masyarakat terbukti dengan beberapa kali menguasai kursi pimpinan parlemen.

Ia merinci pada periode 2004-2009 ketua DPRD Pasaman Barat dari Partai Golkar, kemudian di periode 2009-2014 kader Partai Golkar hanya bisa berada pada posisi wakil ketua 1 DPRD.

Pada periode 2014-2019 kembali Partai Golkar meraih posisi ketua DPRD Pasaman Barat.

Namun di periode 2019-2014, suara Partai Golkar menurun drastis sehingga hanya mampu menempatkan kadernya pada posisi wakil ketua 2 DPRD setempat.

"Pemilu saat ini kita buktikan bahwa Partai Golkar ini masih di percaya masyarakat. Namun, hal ini tidak lepas dari track record kader-kader Partai Golkar yang selalu dekat dengan masyarakat," ungkapnya.

Ketua DPD II Partai Golkar Pasaman Barat, Dirwansyah mengatakan suara Partai Golkar pada Pemilu 2024 mengalami peningkatan dibandingkan pemilu sebelumnya yang meraih 23.370 suara.

"Saya mewakili Partai Golkar mengucapkan terima kasih kepada warga Pasaman Barat atas kepercayaan yang diberikan kembali kepada kami," katanya.

Sementara itu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berada pada urutan kedua dengan perolehan suara sah sebanyak 27.743, beda dua ribuan dengan Partai Golkar. Sedangkan Partai Gerindra berada pada urutan ketiga dengan suara sah sebanyak 24.131.

Disusul Partai Amanat Nasional (PAN) dengan jumlah suara 23.833 dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih suara sah sebanyak 21.575. Meski demikian, posisi pimpinan DPRD diduduki dari Partai Golkar, PKS dan PAN karena sama-sama memiliki 5 kursi.***2***