DPRD Sumbar harap TNI dapat jaga stabilitas sosial pada Pemilu 2024

id DPRD Sumbar

DPRD Sumbar harap TNI dapat jaga stabilitas sosial pada Pemilu 2024

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib berfoto bersama saat HUT TNI di Padang. (Antara/HO-Humas DPRD Sumbar).

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib mengharapkan agar TNI dapat menaklukan segala tantangan dalam menjaga stabilitas sosial jelang dan sesudah pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Kita mengapresiasi kinerja TNI dalam mengawal keutuhan NKRI, banyak prestasi dan pencapaian yang diraih. Semoga ke depan institusi ini lebih baik lagi," kata dia saat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-78 di Padang, Selasa.

Ia mengatakan DPRD Sumbar secara kelembagaan mendukung setiap program yang dijalankan TNI dalam menjaga stabilitas sosial di tengah masyarakat. Apalagi sebentar lagi Pemilu dimana terkadang terdapat ganjang-ganjing yang muncul disebabkan perbedaan pandangan dalam proses demokrasi melahirkan pemimpin bangsa.

"Saya berharap TNI terus menjaga kenetralan pada Pemilu 2024 dan memberikan kinerja yang lebih optimal dalam menjaga ketentraman sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Dalam peringatan HUT TNI ke-78 tersebut, secara umum bertemakan TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju. Dalam rangkaian upacara diisi dengan parade dan defile pasukan. Tidak hanya itu, pada HUT itu juga dilaksanakan demonstrasi bela diri dan marching band dimana para prajurit Yonmarhanlan II turut serta dalam demonstrasi tersebut.

Upacara dipimpin oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal II) Laksamana Pertama TNI Benny Febri serta

pada kesempatan itu Danlantamal II membacakan amanat Panglima TNI Yudo Margono dimana TNI tidak boleh terlena karena saat ini beragam tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

Termasuk pula dengan situasi ekonomi serta geopolitik yang sedang penuh dengan ketidakpastian imbas dari konflik dan krisis yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Lebih jauh, di lingkup nasional terdapat beragam potensi ancaman juga semakin kompleks sehingga momentum ulang tahun ke-78 TNI sebagai bahan introspeksi demi terwujud TNI yang profesional dan tangguh.

Terkait Pemilu 2024, diketahui bahwa Indonesia akan melaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada di 548 daerah dengan total 38 provinsi, 415 kabupaten dan 98 kotamadya.