Sumbar manfaatkan agenda nasional untuk promosikan UMKM lokal

id HUT Satpol PP tingkat nasional

Sumbar manfaatkan agenda nasional untuk promosikan UMKM lokal

Pemprov Sumbar beri kesempatan UMKM promosikan produk dalam iven nasional. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) memanfaatkan penyelenggaraan agenda Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke-74 dan Satlimas ke-62 tingkat nasional di daerah itu sebagai ajang promosi UMKM Lokal.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi di Padang, Sabtu, mengatakan pihaknya terus mengupayakan agar UMKM lokal bisa tumbuh dan berkembang, salah satunya dengan membuka kesempatan untuk promosi.

"Selain memberikan pembinaan secara berkala, kita juga buka ruang bagi UMKM untuk bisa promosi dalam kegiatan yang dikelola pemerintah daerah, terutama yang mendatangkan banyak orang, baik berskala lokal maupun nasional," katanya.

Ia menyebut pelibatan UMKM dalam setiap kegiatan daerah yang melibatkan banyak orang itu terbukti bisa memperkenalkan produk asal Sumbar pada konsumen sehingga segmentasi pasar semakin luas.

Mahyeldi menambahkan selama penyelenggaraan acara peringatan HUT Satpol PP ke-74 dan Satlimas ke-62 tingkat nasional di Sumbar, pihaknya memfasilitasi penempatan UMKM lokal di sejumlah titik strategis yang menjadi pusat aktivitas para tamu undangan yang jumlahnya mencapai ribuan orang.

"Kita telah fasilitasi UMKM lokal di sejumlah titik strategis agar mereka bisa menjual dan mempromosikan produknya kepada para tamu yang hadir, setiap titik kita tempatkan minimal dua hingga belasan stan UMKM lokal, jumlahnya tergantung dari potensi padatnya aktivitas di titik tersebut," katanya.

Ia menyebut produk UMKM yang dipasarkan pun beragam, mulai dari peragaan busana, kriya, hingga kuliner. Semuanya berada di bawah binaan Dinas Koperasi UMKM Sumbar.

Sementara itu, salah seorang pelaku UMKM lokal dengan merek dagang ES Tebu Sumatera yang juga terlibat dalam kegiatan tersebut, Febrianti (33) mengatakan dirinya sangat bersyukur dan berterima kasih atas kepedulian Gubernur Sumbar terhadap keberlangsungan UMKM lokal. Ia berharap, kegiatan serupa dapat diselenggarakan di Sumbar sesering mungkin.

"Dukungan pemerintah daerah ini sangat besar artinya bagi UMKM agar bisa berkembang lebih cepat," katanya.

Ia menyebut omsetnya meningkat signifikan selama mengikuti kegiatan mencapai 200 persen dari hari biasa.*