29 kelompok di Agam terima bantuan ternak dari Pemprov Sumbar

id bantuan ternak dari Pemprov Sumbar,berita agam,berita sumbar,bantuan ternak agam

29 kelompok di Agam terima bantuan ternak dari Pemprov Sumbar

Kantor Bupati Agam. Sebanyak 270.179 warga Agam masuk DTKS per Desember 2023. Antara/Altas Maulana. 

Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan sebanyak 29 kelompok peternakan di daerah itu bakal menerima bantuan ternak dan peralatan dari pemerintah provinsi setempat pada 2024.

Kepala Dinas Pertanian Agam Arief Restu di Lubuk Basung, mengatakan bantuan ternak itu berupa ayam 5.000 ekor untuk 10 kelompok, itik 5.000 ekor untuk 10 kelompok, puyuh 10.000 ekor untuk satu kelompok, kambing 100 ekor untuk dua kelompok dan sapi 12 ekor untuk satu kelompok.

"Bantuan itu berasal dari Pemprov Sumbar pada 2024," katanya didampingi Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Agam Muhammad Abril di Lubuk Basung, Selasa.

Ia menambahkan kelompok juga mendapatkan peralatan peternakan berupa satu set mesin pengolahan makan ternak untuk satu kelompok.

Setelah itu satu unit mesin pencacah pupuk untuk satu kelompok dan tiga unit mesin tetas telur kapasitas 500 butir untuk tiga kelompok.

Saat ini Pemprov Sumbar sedang melakukan verifikasi terhadap calon penerima berdasarkan proposal yang masuk.

“Setelah calon penerima ditetapkan, pihak provinsi menginformasikannya kepada kita. Sebab Agam sifatnya hanya memfasilitasi,” katanya.

Ia mengakui bantuan itu bentuk upaya dalam meningkatkan perekonomian peternak dengan hasil yang diperolehnya.

Ditambah sebagian peternak sudah melakukan pembibitan sendiri, karena mereka memiliki mesin tetas dengan kapasitas cukup besar.

“Mereka memproduksi bibit itik yang bisa dijual ke peternak lainnya di daerah tersebut," katanya.