Pemkab Tanah Datar optimis target padi 306.861,59 ton tercapai

id Pemkab Tanah Datar ,berita tanah datar,berita sumbar,pertanian Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Pemkab Tanah Datar optimis target padi 306.861,59 ton tercapai

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanah Datar Roni Wijaya Amin (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat optimis produksi padi di daerah itu sepanjang tahun 2023 meningkat dan bahkan sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebesar 306.861,59 ton.

Karena pada tahun ini Kabupaten Tanah Datar mengalami surplus luas panen sebesar 1274 hektar dibandingkan dengan tahun lalu.

"Kalau kita mengacu dengan rentan waktu yang sama hingga bulan Oktober, kita surplus luas panen mencapai 1274 hektar, insyaallah target 306.861,59 itu bisa kita capai," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanah Datar Roni Wijaya Amin di Batusangkar Kamis.

Roni menjelaskan, dalam meningkatkan produksi padi di Tanah Datar pihaknya melakukan peningkatan Indeks Penanaman (IP) padi dengan mengubah prilaku masyarakat untuk bersedia melaksanakan tanam tiga kali setahun.

Selain itu pihaknya juga melakukan sosialisasi agar petani mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian pupuk bersubsidi dengan pemanfaatan pupuk organik.

Dia juga mendorong para petani untuk menggunakan bibit unggul atau benih bersertifikat sehingga selain tahan penyakit, produksi padinya juga meningkat.

"Tentunya upaya tersebut juga didorong dengan sarana dan prasarana seperti saluran irigasinya dan air yang cukup dan bibit yang berkualitas," jelas dia.

Selain itu kata dia, dalam mempercepat pengolahan lahan pertanian Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga memiliki program unggulan layanan bajak sawah gratis.

"Sehingga program tersebut bisa meringankan biaya produksi petani dan mempercepat pengolahan lahan sawah," kata dia.