KKP berupaya kendalikan penangkapan ikan secara proposional

id KKP,Berita sumbar,Berita padang

KKP berupaya kendalikan penangkapan ikan secara proposional

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar FGD tentang Kebijakan Penangkapan IkanTerukur Bagi Nelayan Bitung

Padang (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupaya mengendalikan penangkapan ikan secara proporsional agar penangkapan ikan di laut nusantara jadi lebih terukur.

Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan (KKP) Ridwan Maulana dalam keterangan tertulis di Padang, Selasa mengatakan kebijakan penangkapan ikan terukur merupakan upaya untuk mengendalikan penangkapan ikan secara proporsional berdasarkan kuota yang telah ditetapkan.

Menurut dia dengan pengendalian ini diharapkan terjadi optimalisasi dari seluruh aspek biologi, sosial ekonomi, dan lingkungan.

Adapun komponen kebijakan penangkapan ikan terukur lanjutnya, adalah pengaturan pendaratan ikan pelabuhan, perizinan dan bagaimana kontribusi sektor perikanan negara yang lebih baik.

"Sebelum ada penangkapan ikan terukur (PIT), izin penangkapan ikan bukan berdasarkan kuota," kata Ridwan dalam focus group discussion tentang ‘Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur Bagi Nelayan Bitung’ belum lama ini.

Ia mengatakan untuk mengukur kapasitas tangkapan hanya didasarkan pada perkiraan kemampuan alat tangkap ikan pada kapal nelayan.

Menurut Ridwan metode ini membuat pemerintah tidak bisa mengawasi eksploitasi dalam penangkapan ikan. Ekploitasi inilah yang pada akhirnya menguras sumber daya ikan.

"Melalui kuota ini, diharapkan tidak ada unsur perkiraan lagi dan loss control dalam penangkapan ikan," tuturnya.

Ia menjelaskan pembagian kuota penangkapan ikan dibedakan atas tiga jenis yaitu kuota industri, kuota nelayan lokal, dan kuota non-komersial.

"Kuota industri berlaku di wilayah perairan yang jaraknya lebih dari 12 mil," kata dia menambahkan

Sedangkan untuk nelayan lokal di bawah 12 mil sebagai batas kewenangan pemerintah. Di antara itu ada batas non-komersial untuk keperluan penelitian.

Dengan kebijakan penangkapan ikan terukur, data-data dari perizinan yang dicatat di pelabuhan menjadi kredibel. Data-data ini tentu sangat membantu perencanaan dan pengembangan perikanan yang lebih baik, sehingga pada akhirnya sumber daya alam (SDA) menjadi lebih terkontrol.

Sementara itu Kepala Pelabuhan Perikanan Samudra Bitung, Ady Candra optimistis pelaksanaan penangkapan ikan terukur dapat dilaksanakan secara penuh. Kebijakan ini tentu akan mengubah pola kerja di lapangan karena itu diperlukan koordinasi dengan pemerintah daerah masing-masing.

Ketua Bidang Perikanan dan Peternakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hendra Sugandhi mengaku khawatir pemberlakuan PIT justru membahayakan keberlanjutan usaha perikanan.

Sebab saat ini pasokan bongkar dan ekspor mulai menurun karena diterapkannya penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"Seharusnya kita memprioritaskan pemanfaatan sumber daya alam yang ada, hal ini agar persebaran kapal yang merata," pungkas Hendra.

Ia mengatakan data pasca produksi diterapkan terlebih dahulu dibandingkan penerapan kuota agar tidak memberatkan nelayan.

Menurut Hendra, ketentuan penangkapan ikan terukur harus dijelaskan lebih lanjut dalam aturan teknisnya. Misalnya saja tentang kuota yang diperbolehkan.

Ia merasa ada perbedaan antara apa yang disosialisasikan kepada pengusaha dengan ketetapan pada PP No 11 Tahun 2023. "Jangan sampai kontraproduktif," kata Hendra.

Sebagai informasi, kebijakan perikanan yang dijalankan selama periode 2014-2023 dinilai membuat kinerja industri perikanan menurun secara signifikan.

Penurunan ini, terjadi karena tata kelola perikanan yang tidak efektif dan efisien sehingga tingkat keberlanjutan perikanan tidak seimbang antara ekologi dan ekonomi.

Gejala itu paling tidak terjadi di Bitung, Sulawesi Utara.

Menurut Walikota Bitung, Maurits Mantiri, pada 2014 produksi ikan olahan kaleng mencapai 70 ton per hari. Namun saat ini, tingkat produksi hanya berkisar antara 20-40 ton saja.

"Ini penurunan yang sangat jauh dan mengakibatkan 14 ribu pekerja dirumahkan," kata Maurits.

Ia menanyakan bagaimana jalan keluar yang akan diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan agar kondisi perikanan di Bitung dapat membaik.

Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Utara, Tienneke Adam menyampaikan, Bitung adalah kota pelabuhan yang memiliki banyak industri perikanan, baik perikanan tangkap maupun pasca-tangkap.

"Pengolahan ikan yang dimiliki sebanyak 111 unit yang terdiri dari processing untuk produk kaleng, frozen tuna, fresh, dan smoke fish," ujar Tienneke.

Dengan potensi ini, Bitung berpeluang untuk menguasai perikanan dunia. Secara geografis, kata Tienneke, Sulawesi Utara memiliki posisi strategis untuk mengekspor produk perikanan ke Cina, Korea, Jepang, dan negara-negara lain.

Karena itu, perlu ada kebijakan baru yang mendukung produksi olahan perikanan. Untuk menjawab persoalan tersebut, Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) secara bertahap mulai menjalankan kebijakan penangkapan ikan terukur (PIT) berbasis kuota.

Kuota ini ditentukan berdasarkan potensi sumber daya ikan dengan jumlah tangkapan yang diperbolehkan. Kuota ini juga sangat mempertimbangkan pemanfaatan sumber daya ikan.

Kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penangkapan Ikan Terukur, serta Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 28 Tahun 2023 tentang Peraturan Pelaksanaan PP No 11/2023.

Sebelum aturan ini dijalankan secara penuh, KKP berupaya mensosialisasikan lewat focus group discussion (FGD).