Kemenkumham Sumbar tekankan pentingnya integritas bagi notaris

id Kemenkumham,Padang,Sumbar,Notaris

Kemenkumham Sumbar tekankan pentingnya integritas bagi notaris

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar Haris Sukamto saat melantik para notaris di Padang, Senin (20/11/2023). ANTARA/HO-KemenkumhanSumbar

Padang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat (Sumbar) Haris Sukamto menekankan pentingnya integritas bagi para notaris di provinsi setempat ketika menjalankan tugas serta melayani masyarakat.

Hal itu disampaikan langsung oleh Haris ketika melantik 36 notaris dan 1 notaris pengganti yang akan bertugas di wilayah Sumbar pada Senin (20/11) di Padang.

"Integritas merupakan nilai yang penting dan harus dijunjung tinggi oleh para Notaris ketika menjalankan tugas di Sumbar," katanya usia pelantikan.

Ia menjelaskan bahwa Notaris ketika menjalankan tugas wajib bertindak objektif dan tidak memihak kepada siapapun.

Notaris memiliki kewenangan membuat akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan dan atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik.

Kemudian menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, menyimpan akta, memberikan grosse, salinan dan kutipan akta, semuanya itu sepanjang pembuatan akta-akta itu tidak juga ditugaskan atau dikecualikan kepada pejabat lain atau orang lain yang ditetapkan oleh Undang-undang.

"Notaris tidak boleh memihak saat menjalankan tugasnya demi menjamin otentisitas dari akta-akta yang dibuat kepada klien, dalam hal ini adalah masyarakat," jelasnya.

Kakanwil berharap seluruh Notaris dan Notaris Pengganti yang dilantik hari itu mampu berlaku jujur, amanah, dan bertanggungjawab saat menjalankan tugas.

Ia juga mengingatkan kepada para Notaris yang baru dilantik agar tetap bersinergi dan berkolaborasi dengan Kemenkumham sebagai instansi pembina dan pengawasan.

"Saya selaku Kepala Kantor Wilayah adalah perpanjangan tangan dari Menkumham RI yang melantik saudara, maka diingatkan agar selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan kami sebagai instansi pembina dan pengawasan Notaris," jelasnya.

Terakhir Haris menekankan kepada para Notaris agar yakin pada diri sendiri ketika menjalankan pengabdian kepada masyarakat dan mematuhi berbagai peraturan yang berlaku.

Pada bagian lain kegiatan pelantikan itu turut dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Ruliana Pendah Harsiwi serta pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sumatra Barat.