Bupati Solok nilai kurikulum merdeka sesuai perkembangan zaman

id Bupati Solok nilai, kurikulum merdeka, sesuai dengan, perkembangan zaman

Bupati Solok nilai kurikulum merdeka sesuai perkembangan zaman

Bupati Solok Epyardi Asda saat memberikan arahan (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Bupati Solok Epyardi Asda menilai penerapan kurikulum merdeka bagi murid merupakan metode yang sangat tepat dan up to date sesuai dengan perkembangan zaman saat sekarang.

"Terkait kurikulum merdeka, ini merupakan metode yang sangat tepat dan up to date sesuai dengan perkembangan zaman sekarang ini," kata Epyardi di Solok, Kamis.

Menurutnya melalui kurikulum merdeka dapat memberikan kesempatan kepada pendidik untuk berkolaborasi dan mengeksplorasi semua kegiatan peserta didik sesuai dengan bakat dan potensi yang dimiliki oleh anak-anak itu sendiri.

Dengan menggali potensi yang dimiliki oleh anak-anak, maka akan dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas serta untuk kemajuan daerah ke depannya.

"Menurut kami maju dan mundurnya suatu daerah tergantung pada sumber daya manusianya. Semakin tinggi tingkat ilmu yang dimiliki oleh warga negara maka negara itu pasti maju," ucap dia.

Selain itu, ia menyampaikan langkah awal yang dilaksanakan dalam memajukan mutu pendidikan di Kabupaten Solok adalah dengan mengefisienkan waktu PBM dari enam hari menjadi lima hari dengan memaksimalkan jam belajar menjadi Fullday School.

Demi mewujudkan mutu pendidikan lebih baik maka diperlukan infrastruktur yang memadai, di Kabupaten Solok sebelum menyusun program anggaran maka seluruh jajaran akan datang dan turun langsung ke tengah-tengah masyarakat mendengarkan aspirasi dan usulan untuk pembangunan ke depannya.

Untuk menunjang program Fullday School ini maka ia menargetkan untuk membangun mushala untuk seluruh SD dan SMP di Kabupaten Solok.

Di samping itu, dalam meningkatkan semangat kerja para tenaga pendidik ia juga menempatkan sesuai dengan penempatan yang diinginkan oleh tenaga pendidik itu sendiri, sehingga memberikan mereka kenyamanan dalam bekerja dan mengajar para peserta didik.

"Ke depannya kita berkeinginan untuk memberikan fasilitas-fasilitas pengembangan minat dan bakat peserta didik sehingga mereka dapat nyaman dan betah berada di sekolah," ucap dia.

Sebelumnya, Kabupaten Solok meraih prestasi di bidang memajukan mutu pendidikan, saat ini mendapatkan penilaian Delta Assessment Nasional tertinggi di Sumatera Barat.

Atas prestasi itu, bupati Solok turut menyampaikan bahwa prestasi Delta Assessment Nasional ini dapat diraih berkat kolaborasi dan kerja sama seluruh Solok Super Team yang saling membantu dalam mewujudkan mutu pendidikan yang lebih baik di Kabupaten Solok.