Pemprov Sumbar dan Pemkot canangkan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di MAN 1 Pariaman

id Pemprov Sumbar,Gubernur Sumbar Mahyeldi,Stunting pariaman,Berita pariaman

Pemprov Sumbar dan Pemkot canangkan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di MAN 1 Pariaman

Gubernur Sumbar Mahyeldi (tiga kiri) dan Kadis Kesehatan Pariaman Nazifah(dua kanan) berfoto bersama saat pencanangan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di MAN 1 Pariaman. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Sumatera Barat (Sumbar) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman mencanangkan Gerakan Nasional Aksi Bergizi tingkat sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pariaman guna menciptakan generasi muda yang sehat dan berkecukupan gizi untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 nanti.

“Generasi muda saat inilah yang nantinya akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa dan daerah dalam kelanjutannya sebagai tongkat estafet pembangunan nasional, makanya mereka harus cukup gizinya, sehat raganya, sehat jiwanya sebagai generasi harapan bangsa,” kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat pencanangan di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan aksi tersebut bertujuan untuk menekan kasus stunting di Indonesia melalui pemberian tablet penambah darah kepada seluruh remaja putri di Indonesia.

Pemberian tablet penambah darah dan buah diberikan agar terbentuk generasi berkualitas, memiliki daya tahan yang kuat, sehat, cerdas, dan berkarakter yang baik.

Diketahui pada kesempatan itu juga dikukuhkan duta kesehatan remaja, dengan nama “Cik Uniang Gerak Segar Kopar dan Cik Ajo Gerak Segar Kopar” yang nantinya menjadi mediator untuk mengkampanyekan Aksi Bergizi di Sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah menyampaikan terima kasih kepada gubernur dan rombongan karena dengan adanya kegiatan aksi bergizi di sekolah di daerah itu.

Ia mengatakan program ini telah menjadi agenda Pemkot Pariaman secara berkelanjutan dan akan diterapkan di sekolah lainnya guna menciptakan generasi muda cemerlang ke depannya.