Pemkab Pasaman Barat sosialisasikan penataan keuangan nagari

id Sosialisasi penataan keuangam nagari atau desa,Pemkab Pasaman Barat sosialisasikan keuangan nagari,penataan keuangan nag,pasaman barat

Pemkab Pasaman Barat sosialisasikan penataan keuangan nagari

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) mengadakan sosialisasi penatausahaan keuangan nagari (desa) berbasis aplikasi sistem keuangan desa (siskeudes) terhadap perangkat nagari di daerah itu, Rabu (11/10/2023). Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) melaksanakan sosialisasi penatausahaan keuangan nagari (desa) berbasis aplikasi sistem keuangan desa (siskeudes) terhadap perangkat nagari di daerah itu.

"Sosialisasi ini kami adakan sejak 10 sampai 13 Oktober 2023 diikuti oleh perwakilan dari 90 nagari yang ada," kata Sekretaris DPMN Pasaman Barat Syaikhul Putra di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan, sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada nagari terkait penggunaan siskeudes dalam pengelolaan keuangan nagari.

Menurutnya, pengetahuan tentang aplikasi siskeudes itu sangat penting bagi perangkat nagari karena saat ini ada 71 nagari baru yang defenitif.

"Dengan adanya nagari defenitif maka perangkatnya tentu baru, sehingga perlu diperkenalkan pengelolaan keuangan melalui aplikasi siskeudes. Sehingga nantinya tidak terkendala di kemudian hari terhadap pengelolaan keuangan di nagari," ujarnya.

Ia menyebutkan, siskeudes sangat membantu pemerintah nagari dalam proses pengelolaan keuangan, baik dalam penyusunan anggaran pendapatan belanja nagari, pelaksanaan, penata usaha, pelaporan dan pertangungjawaban.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan itu dapat meningkatkan pemahaman pemerintah nagari dalam memaksimalkan pengelolaan keuangan desa dengan siskeudes berbasis online.

Ia juga berharap dengan dilakukannya sosialisasi tersebut, peserta bisa lebih memahami dan mengerti sehingga dapat direalisasikan di nagari serta pengelolaan aplikasi dapat dilaksanakan dengan lancar dan sukses.

"Kegiatan ini adalah untuk mewujudkan keuangan yang bersih dan tertib di seluruh nagari se-Pasaman Barat mengingat jumlah dana yang dikelola di 90 nagari sangat besar dan bervariasinya tingkat nagari," ujarnya.

Ia menekankan agar pengelolaan dana nagari dapat berjalan sesuai dengan aturan yang ada sehingga tidak menjadi masalah dikemudian hari. ***3***