Dosen Unbrah Sosialisasikan Pentingnya Skrining Gigi dan Mulut bagi Anak ABK

id Skrining, kesehatan gigi

Dosen Unbrah Sosialisasikan Pentingnya Skrining Gigi dan Mulut bagi Anak ABK

drg. Abu Bakar, M.Med.Ed, Ph.D melakukan sosialisasi pentingnya skrining gigi dan mulut pada anak berkebutuhan khusus di Padang, Rabu. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah (Unbrah) drg. Abu Bakar, M.Med.Ed, Ph.D melakukan Sosialisasi Pentingnya Skrining Gigi dan Mulut Pada Anak Berkebutuhan Khusus pada Rabu tanggal 27 September 2023 di gedung Youth Center, Padang.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pengabdian masyarakat pendanaan hibah DIKTI tahun 2023. Kegiatan tersebut dapat terlaksana berkat kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unbrah dengan Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif (LDPI) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang. Kegiatan diintegrasikan dengan Diskusi Peningkatan Wawasan Keluarga.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Ir. Nurfitri, M.Si selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang. Dihadiri oleh Ibu Yoszya Silawati, S.Pd.,M.Si selaku Kepala UPTD LDPI dan Ibu Gamaharta Dini, S.IP., M.Si selaku Kasubag TU LDPI.

Dalam kegiatan ini dipaparkan terkait masalah yang terjadi pada gigi dan mulut peserta didik penyandang disabilitas sangat banyak terjadi. Penyakit-penyakit akan berkembang jika tidak dirawat secara dini misal lubang gigi yang makin meluas, karang gigi hingga kanker rongga mulut.
skrining gigi dan mulut penting bagi anak berkebutuhan khusus di Padang, Rabu. (ANTARA/ist)
Pentingnya skrining gigi dan mulut yakni pemeriksaan berkala membantu dokter mengetahui masalah rongga dan menganalisa kondisi kesehatan secara umum serta menghilangkan paradigma pergi ke dokter gigi merupakan hal yang menyeramkan.

Pengabdian masyarakat drg. Abu Bakar, M.Med.Ed, Ph.D telah menyediakan bilik konsultasi dan pemeriksaan gigi bagi peserta didik penyandang disabilitas. Bilik gigi juga telah menyediakan perawatan dasar gigi dan mulut.

Saat ini, anak berkebutuhan khusus (ABK) dapat mengakses pelayanan kesehatan gigi dan mulut di UPTD LDPI. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang dapat dilakukan antara lain pembersihan karang gigi, penambalan gigi dan pencabutan gigi. Pelayanan tersebut merupakan implementasi Hibah PKM DIKTI tahun 2023.*