Pastikan aman, Bupati Tanah Datar lepas pendistribusian surat suara Pilwana serentak 2023

id Bupati Tanah Datar ,berita tanah datar,berita sumbvar, Pilwana serentak 2023

Pastikan aman, Bupati Tanah Datar lepas pendistribusian surat suara Pilwana serentak 2023

Bupati Tanah Datar Eka Putra tinjau pendistribusian logistik surat suara Pemilihan Wali Nagari serentak 2023 (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar distribusikan logistik untuk keperluan pemungutan suara Pemilihan Wali Nagari atau Kepala Desa (Pilwana/Pilkades) serentak 2023 untuk 54 nagari yang akan mengikuti.

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Senin, mengatakan pihaknya memastikan logistik surat suara yang dikirim tersebut dipastikan sampai ke nagari dan dijaga dengan aman.

Karena logistik Pilwana yang di distribusikan tersebut dikawal langsung oleh personil dari Polri untuk mengantisipasi atau hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya telah meninjau dan melepas logistik surat suara untuk Pemilihan Wali Nagari serentak yang dilaksanakan pada Selasa besok. Kita pastikan logistik surat suara itu sampai di 54 nagari yang melaksanakan Pilwana dan dijaga dengan aman oleh petugas," kata dia.

Bupati mengapresiasi, hingga H-1 pemilihan wali nagari serentak di Tanah Datar, kondisi di 54 Nagari yang mengikuti Pilwana serentak masih terpantau aman dan kondusif.

Dia juga mengajak para pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya dengan mengedepankan unsur Pilwana badunsanak tanpa menjatuhkan calon lainnya. Sebab, atau suara menentukan masa depan di nagari tersebut.

"Laporan dari panitia saat ini situasi aman dan terkendali, saya mengajak, mari kedepankan Pilwana badunsanak, berbeda pilihan boleh tapi jangan ada anarkis, jangan ada yang saling menjatuhkan," kata dia.

Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada pihak kepolisian dari Polres Tanah Datar dan Polres Padang Panjang atas pengamanan pemilihan pilwana di wilayahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (PMDPPKB) Abdurahman Hadi, mengatakan pada Pilwana Serentak 2023 diikuti sebanyak 54 nagari dari 75 nagari di Tanah Datar.

Jumlah tersebut terdiri dari 12 Nagari di wilayah hukum Polres Padang Panjang dan 42 Nagari di Kabupaten Tanah Datar.