Pemkab Tanah Datar uji sampel kualitas udara

id Pemkab Tanah Datar,sampel kualitas udara tanah datar

Pemkab Tanah Datar uji sampel kualitas udara

Pemkab Tanah Datar uji sampel kualitas udara (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat melakukan uji kualitas udara di daerah itu guna mengetahui mutu udara yang ada di wilayah setempat.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Nofi Hendri di Batusangkar Kamis, mengatakan uji sampel tersebut dilakukan di beberapa titik di sekitaran Batusangkar.

"Diantaranya di areal perumahan, areal perkantoran, terminal atau tempat umum, dan tempat industri," kata dia.

Dia mengatakan, untuk areal perumahan pihaknya melakukan pengambilan sampel di Perumahan Dobok, Nagari Limo Kaum, sementara untuk perkantoran di ambil di areal Kompleks Kantor Bupati Tanah Datar.

Sedangkan untuk tempat umum dan tempat industri dilakukan di Terminal Jati dan Malana Ponco Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum.

"Pengujian sampel itu baru bisa diambil selama 12 hari setelah pemasangan dan diserahkan ke Kementrian Lingkungan Hidup, dan untuk hasilnya diserahkan kembali kepada kita," kata Nofi.

Dia mengatakan, terkait dengan kabut putih yang menyelimuti Kabupaten Tanah Datar beberapa waktu belakangan ini, diduga asap dari kebakaran lahan yang terjadi di provinsi tetangga Sumatera Barat.

"Kabarnya ada kebakaran yang terjadi di provinsi tetangga dan asapnya sudah mulai menyebar ke wilayah Sumatera Barat," kata dia.

Meskipun jarak pandang masih terbilang normal, Nofi mengimbau untuk selalu berhati-hati dalam berkendara serta tidak membakar sampah atau jerami yang memperburuk kualitas udara.

"Meskipun tampak berkabut, tapi jarak pandang masih terbilang normal, kita imbau kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah dan jerami yang bisa memperburuk udara," ujarnya.