Maskot Kerbau jadi "kawan bermain" anak-anak di Merah Putih Night Carnival

id Semen Padang, hut ri

Maskot Kerbau jadi "kawan bermain" anak-anak di Merah Putih Night Carnival

Replika tanduk kerbau yang diangkut menggunakan truk pada acara Merah Putih Night Carnival 2023 di Padang, Jumat malam. (ANTARA/HO-Humas Semen Padang).

Padang (ANTARA) - Ada yang berbeda terlihat di ujung barisan peserta Merah Putih Night Carnival 2023 yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Jalan Jenderal Sudirman Kota Padang pada Jumat (18/8/2023) malam.

Ribuan masyarakat yang berada di lokasi acara, menyoroti rombongan arak-arakan dari PT Semen Padang yang berada di urutan 33. Dalam rombongan tersebut tampak replika tanduk kerbau yang diangkut menggunakan truk.

Hal ini membuat masyarakat penasaran dan menghampiri lebih dekat barisan pawai Merah Putih Night Carnival. Kondisi semakin riuh ketika kerumunan masyarakat melihat aksi lucu dua badut yang menggunakan kostum ikon perusahaan semen kebanggaan masyarakat Sumbar itu.

Sejumlah anak-anak bahkan berlarian menghampiri dua badut. Masyarakat juga turut mengabadikan momen dengan merekam baik foto maupun video dengan tim pawai dari PT Semen Padang.

Selain replika tanduk kerbau, dalam iring-iringan rombongan perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang sudah berusia 113 tahun itu, juga tampak replika silo (tempat penyimpanan semen) dari pabrik PT Semen Padang.

Berbeda dengan tim pawai lainnya yang lebih dominan menampilkan atraksi serta pernak pernik, tim pawai PT Semen Padang yang dipanggil pembawa acara mendapatkan tepuk tangan dan sorak sorai bergemuruh dari masyarakat.

Begitupun ketika MC menyebutkan bahwa pabrik Indarung I PT Semen Padang telah ditetapkan sebagai cagar budaya nasional, seluruh tamu undangan terlihat begitu senang atas kabar yang menggembirakan dari perusahaan kebanggaan masyarakat Sumbar tersebut.

Selain PT Semen Padang, sejumlah BUMN lainnya juga turut memeriahkan Merah Putih Night Carnival di antaranya PT PLN hingga Bulog. Selain itu, institusi kepolisian, suku Nias, atraksi naga liong dari HTT Padang, dan seluruh OPD lingkup Pemprov Sumbar dan ditambah dari OPD di lingkup Pemerintah Kota Padang turut memeriahkan.

Pada acara Merah Putih Night Carnival 2023 itu berbagai hiburan ditampilkan termasuk penampilan Darak Badarak yang merupakan Sanggar Kesenian Pemuda Pariaman yang baru saja meraih Juara II Indonesia's Got Talent 2023.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan PT Semen Padang turut berpartisipasi pada acara Merah Putih Night Carnival 2023 karena kegiatan ini merupakan bagian dari menyemarakkan HUT kemerdekaan RI di Kota Padang.

"Selain HUT Kemerdekaan RI, kegiatan ini juga digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota Padang ke-354. Semen Padang sebagai perusahaan terbesar di Sumbar dan menjadi kebanggaan masyarakat Sumbar, tentunya sudah menjadi kebanggaan bagi kami untuk ikut berpartisipasi memeriahkannya," kata Anita.