Mendes-PDTT nilai Pariaman memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan desa

id Mendes-PDTT,Wali Kota Pariaman Genius Umar,Berita pariaman,Berita sumbar,pembangunan desa pariaman

Mendes-PDTT nilai Pariaman memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan desa

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar sedang diwawancari wartawan usai meluncurkan Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 di Desa Apar, Kota Pariaman, Sumbar. Antara/Istimewa

Pariaman (ANTARA) - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menilai Kota Pariaman, Sumatera Barat memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan desa sehingga dipilih sebagai lokasi peluncuran Lomba Desa Wisata Nusantara 2023.

"Kita tahu Pariaman ini punya komitmen yang tinggi terhadap pembangunan desa dan tentu desa wisata di Pariaman juga banyak," kata Abdul Halim Iskandar usai meluncurkan Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 di Desa Apar, Pariaman, Jumat.

Bahkan, lanjutnya desa wisata di Pariaman juga meraih banyak juara baik lomba yang dilaksanakan oleh Kemendes PDTT maupun kementerian lain.

Menurutnya banyaknya desa wisata dan capaian juara yang diraih tidak terlepas dari komitmen dan sosok Wali Kota Pariaman dan warganya.

Pada kesempatan tersebut ia menjelaskan tujuan dilaksanakannya lomba tersebut yaitu untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di desa melalui desa wisata dan menunjukkan kepada internasional bahwa Indonesia memiliki penguatan desa wisata yang bagus.

Pada kesempatan itu ia juga mendorong adanya setiap desa memiliki satu produk unggulan dan pengembangan desa wisata harus berbasis alam atau tidak berbasis pabrikan.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan Kemendes PDTT sudah memiliki pertimbangan khusus untuk menetapkan Pariaman sebagai lokasi peluncuran Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 yang menurutnya dapat berdampak positif untuk daerah itu.

"Ada lebih 15.000 desa se-indonesia tapi Kota Pariaman dipilih, saya pikir pak Gus menteri dengan Dirjen pasti mempunyai pertimbangan khusus untuk menetapkan Pariaman," katanya.

Ia menyampaikan saran yang diperolehnya selama pelaksanaan peluncuran lomba tersebut untuk meningkatkan daya tarik Desa Apar yaitu pedagang tidak menjual produk berupa mie instan namun lebih menonjolkan pada kuliner lokal.

Ia optimis jika Desa Apar meningkatkan daya tariknya maka daerah itu akan meraih juara pada Lomba Desa Wisata Nusantara 2023.

Sebelumnya, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meluncurkan Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Wisata Apar Kota Pariaman, Sumatera Barat.

"Kementerian Desa PDTT telah me-launching (meluncurkan) Lomba Desa Wisata 2023 untuk kompetisi desa-desa wisata yang ada di bawah pengelolaan BUMDesa se-indonesia memperebutkan hadiah sebesar Rp1 miliar untuk beberapa juara," kata Abdul Halim Iskandar usai meluncurkan lomba Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 di Desa Apar, Pariaman.

Ia mengatakan lomba tersebut nanti akan diakhiri pada minggu kedua November 2023 serta akan diumumkan desa-desa wisata terbaik.