Sumbar gandeng Semen Padang-Indosat gelar lomba konten HUT RI

id Lomba konten video kominfotik sumbar, HUT RI

Sumbar gandeng Semen Padang-Indosat gelar lomba konten HUT RI

Wakil Ketua Pelaksana HUT RI ke-78 di Sumbar, Meifrizon bersama Kadiskominfotik Sumbar, Siti Aisyah dan Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Sumatera Barat menggandeng PT Semen Padang dan Indosat untuk menggelar lomba konten video kreatif dalam memeriahkan HUT ke-78 RI.

Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Siti Aisyah di Padang, Selasa, mengatakan, tema lomba tersebut disesuaikan dengan tema HUT ke-78 RI yaitu "Terus Maju untuk Indonesia Maju" dengan sub tema umum dan khusus.

"Lomba dibuka untuk umum dengan kategori perorangan dan lembaga," katanya.

Sub tema umum yang diusung adalah "Sumbar Sehat, Sumbar Cerdas, Sumbar Berbudaya, dan Sumbar Sejahtera". Sementara sub tema khusus yaitu "PT Semen Padang Membangun Sumbar untuk Indonesia".

Siti Aisyah mengatakan, sub tema yang dilombakan memang sengaja dibuat agak umum yang dimaksudkan untuk lebih memudahkan sehingga bisa menjaring peserta sebanyak-banyaknya.

"Kita undang semua, termasuk siswa dan mahasiswa yang pasti juga memiliki kreativitas luar biasa untuk memeriahkan HUT RI," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya menyiapkan total hadiah sebesar Rp38 juta untuk dua kategori yang dilombakan tersebut.

Konten video yang dilombakan maksimal tiga menit dengan resolusi minimal 720p, tidak boleh mengandung konten promosi produk apapun, serta tidak menampilkan kekerasan, SARA, atau konten asusila.

"Persyaratan lebih lengkap bisa dilihat di akun media sosial @pemprov.sumbar," ujarnya.

Sementara itu Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis mengatakan, PT Semen Padang ikut mendukung program Diskominfotik Sumbar untuk memeriahkan HUT RI karena relevan dengan "Triple Bottom Line 3P" yang diusung perusahaan yaitu planet, people, dan profit.

"Kegiatan ini masuk dalam kategori membangun manusia karena tujuannya untuk menginspirasi seluruh anak bangsa membangun Sumbar untuk Indonesia," katanya.

Ia berharap melalui lomba dalam momentum HUT RI ke-78 itu, semua anak bangsa bisa bersinergi dan berkontribusi untuk bangsa dan negara.