UM Sumatera Barat sukses gelar Raker AFEB se-Indonesia

id UM Sumatera Barat, Raker AFEB se-Indonesia, berita bukittinggi,berita sumbar

UM Sumatera Barat sukses gelar Raker AFEB se-Indonesia

Rapat Kerja Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (AFEB) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTMA) se-Indonesia di Padang (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat sukses menggelar Rapat Kerja Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (AFEB) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTMA) se-Indonesia yang bersamaan dengan “International Conference on Economics and Business” di Padang.

"Kesuksesan penyelenggaraan ditandai dengan tercapainya tujuan kegiatan yang bertema “Akselerasi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Daerah untuk Mewujudkan Ekonomi Nasional yang Kuat dan Berkeadilan" untuk melakukan konsolidasi bagi asosiasi-asosiasi di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis PTMA se-Indonesia," kata Ketua AFEB PTMA, Prof. Rizal Yaya, Jumat.

Menurutnya, selain melahirkan kebijakan strategis guna kemajuan PTMA, yang tidak kalah penting, konferensi internasional diharapkan dapat menjadi wadah publikasi karya ilmiah atau hasil penelitian terbaru dosen di lingkungan FEB PTMA se-Indonesia.

"Raker menyepakati menunjuk tuan rumah pelaksana raker dan seminar internasional berikutnya tahun 2024 di UM Gresik, kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah memberi dukungan, baik pemerintah daerah maupun panitia penyelenggara khususnya Fakultas Ekonomi UM Sumatera Barat," kata Rizal.

Kegiatan konferensi berskala internasional ini menghadirkan para pakar Ekonomi dan Bisnis dari luar dan dalam negeri sebagai pembicara inti.

Dari universitas luar negeri tampak diantaranya Prof. Dr. VGR Chandran Govindaraju sebagai Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Malaya University, Prof. Dr. Agham C. Cuevas sebagai Dekan College of Economics and Management, Universitas Los Banos, Filipina, dan Prof. Chi-yuan Liang dari Taiwan.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 166 peserta dari 59 PTMA tersebut berlangsung selama tiga hari dan dibuka sebelumnya secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah.

Hadir dalam kesempatan itu Rektor UM Sumatera Barat, Dr. Riki Saputra, MA, disertai Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Prof. Bambang Setiaji, MSi.

"Tentunya kesuksesan perhelatan akbar ini juga atas dukungan Pemprov Sumatera Barat yang ditandai dengan undangan jamuan makan malam di Istana Gubernur di Padang," kata Rektor UM Sumatera Barat, Riki Saputra.

Sementara itu, pembicara dalam negeri antara lain Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi yang menyorot mengenai peran pemerintah propinsi dalam pengembangan pusat pertumbuhan di daerah.

Pembicara lainnya adalah Dr. Aries Muftie, SE, MH dari Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) dan Dr. Sutan Emir Hidayat selaku Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Pada akhir kegiatan, konferensi internasional telah berhasil memilih paper terbaik disertai dengan penyaji makalah (presenter) terbaik.

Di ujung Raker, leserta konferensi menyempatkan diri menikmati keindahan panorama alam Ranah Minang melalui kunjungan ke tempat wisata seperti Masjid Raya Sumatera Barat, Museum Adityawarman, Kota Tua, Pantai Mandeh dan lainnya.