Pemkab Solok bagikan seribu bendera Merah Putih sambut HUT Ke-78 RI

id Pemkab Solok bagikan, seribu bendera, merah putih, sambut, HUT RI ke-78,solok

Pemkab Solok bagikan seribu bendera Merah Putih sambut HUT Ke-78 RI

Ketua TP PKK Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda saat membagikan bendera Merah Putih menyambut HUT Ke-78 RI di daerah itu, kepada masyarakat setempet. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat menggerakkan pembagian seribu bendera Merah Putih kepada masyarakat setempat dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 di daerah itu.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Solok Jhoni di Arosuka, Kamis, mengatakan saat ini jumlah bendera yang terkumpul dan akan dibagikan kepada masyarakat setempat mencapai 1.730 helai bendera.

"Pemerintah Kabupaten Solok turut ikut melaksanakan gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih di Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-78 Tahun 2023," kata dia.

Kegiatan pembagian 1.000 bendera Merah Putih tersebut juga dimeriahkan dengan pertunjukan kolosal parade bendera Merah Putih yang dibawakan siswa dan siswi SMPN 5 Kecamatan Gunung Talang.

Dandim 0309/Solok Letkol Inf Novi Aji Satrio mengatakan bendera Merah Putih merupakan simbol, identitas, dan alat pemersatu Bangsa Indonesia, yang selama peringatan Bulan Kemerdekaan dikibarkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia mengatakan gerakan pembagian bendera Merah Putih di Kabupaten Solok tersebut digalang melalui partisipasi swadaya masyarakat, unsur pemerintah, maupun swasta.

Ia meminta kepada camat dan wali nagari untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar di setiap rumah dipasang bendera Merah Putih selama 1-31 Agustus 2023.

"Mengibarkan bendera Merah Putih pada momen Hari Kemerdekaan merupakan wujud rasa cinta kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap dia.

Ia juga berharap, dengan pembagian bendera Merah Putih kepada seluruh masyarakat di daerah itu dapat meningkatkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

Selanjutnya, seluruh peserta dalam gerakan tersebut membagikan bendera Merah Putih kepada masyarakat dan pengguna kendaraan di Kabupaten Solok.