Sambut kepulangan jemaah, PLN siapkan keandalan listrik embarkasi haji Padang Pariaman

id PLN, kepulangan jemaah haji, asrama haji, GI Lubuk Alung

Sambut kepulangan jemaah, PLN siapkan keandalan listrik embarkasi haji Padang Pariaman

General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho ikut langsung bersama tim PLN yang melakukan pemeriksaan menjelang pemulangan jemaah haji. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Jelang kepulangan jemaah haji Sumatera Barat 1444 H, manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat tidak hanya menyiapkan keandalan pasokan, tapi turun langsung menuju Asrama Haji Padang Pariaman.

PLN UID Sumbar pastikan kesiapan dan keamanan disisi instalasi Asrama Haji yang akan digunakan pertama kalinya untuk pemulangan sebagian jemaah haji.

General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho ikut langsung bersama tim PLN yang melakukan pemeriksaan. Turut pula Manager PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Sumbar Afif Yasri, Manager K3L dan Keamanan PLN UID Sumbar Misran Hasra, serta tim PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Lubuk Alung.

PLN lakukan supervisi sistem kelistrikan di seluruh kawasan asrama yang menjadi lokasi berkumpul jamaah haji saat tiba di tanah air.

Asrama Haji Padang Pariaman yang sedang dalam proses penyelesaian pembangunan tersebut akan digunakan oleh rombongan kepulangan jemaah haji Sumatera Barat 1444 H. Rombongan pertama dijadwalkan akan tiba pada Senin (17/7) mendatang.

Sebelumnya, Juni 2023 lalu, PLN pun mengawal keandalan listrik pada lokasi pemberangkatan jemaah haji Sumatera Barat, yaitu di Asrama Haji Tabing.

General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan, PLN sudah siap dengan pasokan listrik cukup dan andal ke seluruh kawasan Asrama Haji Pariaman.

Sistem yang andal dan personil lengkap pun telah disiapkan untuk memastikan lokasi tetap benderang selama kegiatan penyambutan dan aktivitas paska kepulangan para jemaah.

‘’Rata-rata kawasan ini telah dilayani dengan jaringan prioritas sehingga keandalannya dipastikan baik. Namun begitu, sebagai bentuk dukungan pada Pemprov Sumbar, khususnya Kemenag Sumbar, dan pelayanan prima kami untuk seluruh jemaah, PLN akan terus melakukan pemantauan dan menurunkan tim khusus untuk kawal kelistrikan di lokasi asrama haji, dari sekarang hingga nanti di hari kepulangan,’’ lanjut Eric.

Eric manambahkan, Asrama Haji Padang Pariaman merupakan pelanggan PLN dengan daya 197 KVA dan 33 KVA, disuplai dari dua Gardu Induk (GI) sekaligus sebagai back-up, yaitu GI PIP dan GI Lubuk Alung. Kedua GI berpasokan besar dan andal. Asrama Haji Padang Pariaman juga juga memiliki dua suplai penyulang, yaitu Penyulang Bumi Kasai dan Penyulang Pasar Usang.

‘’Artinya suplai pasokan listrik ke Asrama Haji Padang Pariaman sudah sangat andal. Mari doakan semua dapat berjalan dengan lancar, dan semua jemaah haji hingga kloter terakhir dapat pulang dalam keadaan sehat dan nyaman.” tambah Eric lagi.*