Bupati Solok sambut kepulangan para perantau Paninggahan di momen Lebaran

id Bupati Solok, sambut kepulangan, para perantau, Paninggahan, di momen Lebaran

Bupati Solok sambut kepulangan para perantau Paninggahan di momen Lebaran

Pawai alegoris meriahkan acara Rang Paninggahan Baralek Gadang, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (ANTARA/Laila Syafarud)

Solok (ANTARA) - Bupati Solok Epyardi Asda menyambut kepulangan para perantau di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Sumatera Barat masih dalam suasana memeriahkan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Epyardi di Solok, Minggu mengapresiasi kekompakan masyarakat dan para prantau Nagari Paninggahan. Sehingga telah berhasil mengangkat acara sumarak pulang basamo rang Paninggahan Baralek Gadang.

"Saya mengapresiasi seluruh masyarakat Nagari Paninggahan serta seluruh perantau Nagari Paninggahan yang telah mengundang kami untuk hadir di acara Sumarak Pulang Basamo Rang Paninggahan Baralek Gadang," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan dalam pembangunan Kabupaten Solok ini ia selaku bupati Solok menganut prinsip anggaran berbasis kebutuhan rakyat di mana setiap sen anggaran akan dimaksimalkan untuk pembangunan sesuai dengan apa yang dibutuhkan rakyat.

"Setiap saya turun ke nagari-nagari saya selalu berdialog dengan masyarakat dan masyarakat memberi usulan kepada saya insyaallah usulan dari setiap masyarakat itu akan saya perjuangkan dengan sungguh-sungguh," katanya.

Epyardi juga mengatakan tujuan ia maju menjadi bupati Solok untuk melakukan terobosan-terobosan dengan bermacam cara agar visi dan misi mambangkit batang terendam menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat dapat tercapai dengan baik.

"Prinsip saya, yakni maju untuk pengabdian kepada masyarakat untuk membangun, maka dari itu saya wakafkan sisa hidup saya untuk membangun Daerah Kabupaten Solok ini," ujar dia.

Ia mengajak kepada seluruh perantau Nagari Paninggahan untuk ikut serta membangun Nagari Paninggahan itu agar bisa berkembang untuk menjadi daerah yang berpotensi di berbagai bidang, khususnya bidang wisata dan peningkatan ekonomi.

Ketua Panitia Pelaksana Jasman mengatakan kegiatan tersebut dimeriahkan dengan beragam kesenian dan rangkaian acara seperti penyambutan dan pawai alegoris, musyawarah besar, lomba sepak bola, pentas seni, turun ke sawah beserta acara hiburan lainya.

"Sumber dana acara ini adalah dari keluarga besar paninggahan dan juga sponsor yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu," ucap dia.

Di samping itu, Wali Nagari Paninggahan Yose Rizal berharap semoga dengan kehadiran bupati Solok dan juga anggota DPR RI komisi V Athari Gauthi Ardi ini bisa mempererat lagi tali silahturahmi.

Ia juga menyambut kembali kedatangan seluruh perantau Nagari Paninggahan semoga dengan adanya kegiatan pulang basamo ini bisa membuat semua tujuan dan kenginginan masyarakat Nagari Paninggahan tercapai hendaknya.