Bimbingan teknis pengelolaan keuangan daerah dan nagari bagi wali nagari dan BPN se-Kabupaten Solok

id Bimbingan teknis, pengelolaan keuangan, daerah dan nagari bagi, wali nagari dan BPN, se-Kabupaten Solok

Bimbingan teknis pengelolaan keuangan daerah dan nagari bagi wali nagari dan BPN se-Kabupaten Solok

Bimbingan teknis pengelolaan keuangan daerah dan nagari bagi wali nagari dan BPN se-Kabupaten Solok (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Arosuka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan daerah dan nagari bagi wali nagari dan Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) se-Kabupaten Solok.

Kepala DPMN Romi Hendrawan di Solok, Jumat mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis pengelolaan keuangan Daerah dan Nagari tahun 2023 bagi Walinagari dan Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) Se-Kabupaten Solok sehingga pengelolaan keuangan dapat lebih tertib dan disiplin anggaran.

Output kegiatan tersebut adalah tata kelola keuangan Nagari mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pengawasan.

Kegiatan ini telah dilaksanakan selama 5 hari yakni dari Tanggal 10 sampai 12 Juli 2023 untuk Walinagari dan 12 sampai 14 Juli Untuk BPN.

Total Peserta yang ditargetkan untuk melaksanakan Bimbingan Teknis ini ialah sebanyak 148 Orang yakni 74 Orang Walinagari dan 74 Orang Perwakilan Badan Permusyawaratan Nagari.

Di samping itu, Bupati Solok Epyardi Asda juga mengatakan kegiatan ini diadakan agar kedepannya kita pengelolaan keuangan di masing-masing Nagari itu dapat sesuai dengan aturan yang ada.

Menurut dia ini semua disebabkan karena semakin meningkatnya Dana Desa yang di anggarkan di setiap Nagari dan tentu ini akan terus bertambah seiring peranan para Walinagari dalam hal kemasyarakatan yang semakin Kompleks.

Untuk itu terkait pemahaman pengelolaan anggaran dan aturan harus dipelajari dengan seksama sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam mengelola keuangan di masa yang akan datang.

Dalam Laporan yang diberikan Inspektorat Daerah kita juga menemukan masih ada beberapa Nagari yang masih keliru dan belum sesuai dengan aturan dalam mengelola anggaran.

Untuk itu melalui Bimbingan Teknis ini Mari kita bekerja dengan Ikhlas dan Penuh Semangat serta menjalankan roda pemerintahahan sesuai dengan aturan dan undang-undang yang ada.

Dalam sambutannya Bupati Solok membuka Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah dan Nagari secara resmi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan foto bersama.