1.000 Pelari ikuti Minangkabau 10 K Bukittinggi 2023

id Minangkabau 10 K Bukittinggi 2023,Pemkot Bukittinggi

1.000 Pelari ikuti Minangkabau 10 K Bukittinggi 2023

Ribuan pelari tampak antusias mengikuti perlombaan lari marathoni Minangkabau 10 K yang diselenggarakan di Bukittinggi (Antara/HO-Dokumen Pribadi)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Kementerian Pemuda Olahraga, bersama Pemprov Sumatra Barat, Pemkot Bukittinggi dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) mengelar event Minangkabau 10 K Bukittinggi 2023 yang diikuti 1.000 peserta, Sabtu.

Ribuan peserta ini melakukan start dan finish di Jalan Jendral Sudirman depan Badan Keuangan dengan mengikuti empat jenis perlombaan berbeda.

"Lomba ini diikuti 1.000 atlit dari pelajar, TNI atau ASN, Master dan umum dari berbagai daerah di Indonesia dimulai pukul 7.00 WIB dengan posisi start di Jalan Sudirman depan Lapangan Wirabraja," kata Ketua Panitia Pelaksana Minangkabau 10K, Ridwan Maret.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan event Minangkabau 10K ini merupakan ajang wisata olahraga untuk memikat wisatawan pencinta olahraga lari.

"Kami targetkan ajang ini bisa menjadi wadah mencari atlet berbakat khususnya di Kota Bukittinggi," katanya.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengapresiasi kegiatan atletik tingkat nasional ini.

"Banyak peserta hadir dari luar daerah dan ini tentunya akan berdampak pada ekonomi warga," katanya.

Ada empat kategori yang dilombakan, kategori pelajar Nasional, TNI/ASN, Master dan Umum.

Untuk rute start dimulai dari Jalan Sudirman, peserta menempuh rute Jalan Ahmad Karim, Simpang Tembok, Simpang Mandiangin, Pacuan Kuda Bukit Ambacang, Simpang Jirek, Panorama, Kantor DPRD, finis kembali ke Jalan Sudirman.

Kegiatan ini berlangsung meriah dengan ditonton oleh masyarakat Kota Bukittinggi yang ikut memberikan semangat kepada pelari yang berlomba di sepanjang jalan kota.