Pengabdian masyarakat, departemen kebidanan FK Unand gelar pemeriksaan dan penyuluhan di Lubuk Buaya

id FK Unand, Pengabdian Masyarakat, Penyuluhan,Profesi kebinanan

Pengabdian masyarakat, departemen kebidanan FK Unand gelar pemeriksaan dan penyuluhan di Lubuk Buaya

Mahasiswa profesi bidan dibimbing oleh dosen-dosen pendamping melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan warga di Lubuk Buaya Padang, sebagai kegiatan pengabdian masyarakat. (ANTARA/HO-Tim Pengabdian)

Padang (ANTARA) - Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (UNAND) Padang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberi penyuluhan dan pemeriksa kesehatan warga di RT 01 RW 04 Kelurahan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pemeriksaan kesehatan seperti Antropometri (BB/TB), tekanan darah, pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol untuk orang dewasa dan lansia.

Selain itu, pemeriksaan status gizi pada anak di RT 01 RW 04 Keluarahan Lubuk Buaya, berlangsung pada 7 Juni 2023.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 39 orang yang tersebar di Wilayah RT 01 baik itu kelompok orang dewasa, orang tua yang membawa bayi, balita dan anak-anak serta lansia.

Pengabdian masyarakat ini pun disambut dengan antusias oleh masyarakat yang menghadiri tepat waktu mulai dari pukul 08.00 - 12.00 WIB.

Namun, ada pula masyarakat yang cukup menyayangkan kegiatan ini karena dilaksanakan di hari kerja sehingga mereka tidak bisa ikut menghadirinya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh oleh tim Dosen Departemen Kebidanan FK UNAND, tokoh-tokoh masyarakat, dan mahasiswa profesi bidan.

Bertindak sebagai tim pelaksana kegiatan dari mahasiswa profesi bidan dengan dibimbing oleh dosen-dosen pendamping antara lain Rafika Oktova, SST.,M.Keb, Aldina Ayunda Insani, S.Keb., Bd., M.Keb, Miranie Safaringga, SST.,M.Keb, Henny Fitria, SST., M.Keb, dan Fitrayeni, SKM., M.Biomed.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Lurah setempat serta dihadiri oleh jajaran staf kelurahan lainnya. Ibu Rafika Oktova, SST.,M.Keb menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang berfokus pada kesehatan masyarakat serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan diri sendiri, keluarga, maupun lingkungannya.

Dengan menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat, diharapkan masyarakat dapat mengadaptasi kebiasaan baik sesuai dengan asuhan yang sudah diberikan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan pada lingkungan di Kelurahan Lubuk Buaya.

Penilaian status gizi ini dapat mendeteksi kurang gizi maupun kelebihan gizi. Penilaian ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Beberapa diantaranya melalui pemeriksaan berat badan dan tinggi badan.

Pemeriksaan ini dilakukan pada semua kalangan, terutama pada bayi, balita, dan anak-anak sehingga tumbuh kembangnya dapat diperhatikan dengan baik oleh orang tua dan tenaga kesehatan.

"Dikarenakan tumbuh kembang pada bayi, balita, dan anak-anak merupakan masa yang penting untuk menghasilkan generasi emas yang berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa di masa depan,"imbaunya.

Selain itu pemeriksaan ini dijuga dilakukan pada anak dengan berkebutuhan khusus yang berada di RT 01 RW 04 Kelurahan Lubuk Buaya ini

Selain itu dilakukan pula pemeriksaan laboratorium berupa pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi dini dan mengetahui ada atau tidaknya kondisi yang memerlukan perhatian khusus, sehingga dapat ditangani sedini mungkin dan tidak berdampak fatal kedepannya bagi kesehatan.

Karenanya, tidak lupa diawali pemeriksaan tekanan darah untuk mengetahui apakah ada penyakit khusus seperti hipertensi pada masyarakat sehingga dapat dilakukan intervensi yang berkaitan dengan kondisi tersebut.

Apabila didapati kelainan atau kondisi kesehatan yang memerlukan intervensi tertentu, kami mengarahkan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Lubuk Buaya.

Dengan adanya kegiatan ini, maka dapat memudahkan masyarakat untuk memeriksakan kondisi kesehatannya karena lokasi kegiatan yang terbilang cukup dekat dengan kawasan tempat tinggal khususnya bagi individu dengan keterbatasan fisik yang memiliki kendala dalam hal jarak, waktu, maupun energi untuk datang ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Masyarakat pada kegiatan ini sangat antusias, hal ini dibuktikan dengan kedatangan masyarakat yang tepat waktu, masyarakatpun sangat kooperatif saat dilakukan pemeriksaan serta terjalinnya komunikasi yang efektif selama kegiatan berlangsung.

Mahasiswa profesi bidan dibimbing oleh para dosen pendamping melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan warga di Lubuk Buaya Padang, sebagai kegiatan pengabdian masyarakat. (ANTARA/HO-Tim Pengabdian))
Masyarakat mengatakan merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini, terlebih pada RT 01 RW 04 tidak terdapat posyandu bayi balita maupun lansia.

Masyarakat merasa lebih leluasa untuk berkonsultasi mengenai keluhannya dan melakukan tanya jawab dalam kegiatan ini dikarenakan sudah terjalinnya hubungan antara mahasiswa yang menyelenggarakan kegiatan dengan masyarakat setempat.