Terhenti semenjak pandemi COVID-19, Payakumbuh Botuang Festival digelar 13-15 Juli

id Payakumbuh Botuang Festival ,berita payakumbuh,pariwisata payakumbuh,berita sumbar

Terhenti semenjak pandemi COVID-19, Payakumbuh Botuang Festival digelar 13-15 Juli

Payakumbuh Botuang Festival secara resmi dilaunching pada Senin (26/6) malam di Gor M Yamin Kota Payakumbuh. Acara launching iven pariwisata itu mengangkat tema 'Mambangkik Batang Tarandam'. Antara/Akmal Saputra

Payakumbuh (ANTARA) - Setelah terhenti karena pandemi COVID-19, Payakumbuh Botuang Festival yang pada tahun ini masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali digelar pada 13 sampai 15 Juli 2023 di Taman Batang Agam.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda di Payakumbuh, Selasa, mengatakan Pemerintah Kota Payakumbuh mendukung penuh digelarnya berbagai iven positif di daerah teraebut.

"Semakin banyak iven yang digelar di Payakumbuh bakal menghidupkan perekonomian masyarakat Kota Randang," kata dia.

Ia mengatakan program-program atau iven-iven pariwisata sangat bagus dalam rangka mempromosikan daerah serta dengan adanya iven akan membawa dampak yang baik juga terhadap kemajuan daerah.

"Iven akan mengajak orang untuk datang ke Payakumbuh. Semakin banyak orang yang datang ke Payakumbuh maka ekonomi masyarakat di Payakumbuh akan hidup," ujarnya.

Pelaksanaan Payakumbuh Botuang Festival secara resmi dilaunching oleh Pj Wako Payakumbub, Senin (26/6) malam di Gor M Yamin Kota Payakumbuh. Acara launching iven pariwisata yang mengangkat tema 'Mambangkik Batang Tarandam' itu digelar bertepatan dengan iven Grand Final Pemilihan Uda dan Uni Kota Payakumbuh 2023.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh Nofriwandi, Ketua Dekranasda yang juga ketua TP-PKK Payakumbuh Elfriza Zaharman, Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Wulan Denura, anggota DPRD YB. Dt. Parmato Alam dan tamu undangan lainnya.

Rida mengatakan Payakumbuh Botuang Festival akan berlangsung 13-15 Juli 2023 di Taman Batang Agam Kota Payakumbuh. Dalam iven tersebut akan menampilkan Botuang Music Performance, Malenggok Botuang, Layang-layang, Pameran Botuang, Pameran UMKM dan Kreatif Expo, Barakik-Rakik dan lainnya. Payakumbuh

Disampaikannya bahwa Payakumbuh Botuang Festival kembali dilaksanakan setelah beberapa tahun tidak bisa terlaksana akibat Pandemi COVID-19.

"Untuk itu kami berharap Payakumbuh Botuang Festival tahun 2023 dapat bermanfaat untuk semua, terutama untuk mempromosikan Payakumbuh dan menghidupkan ekonomi masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda mengatakan Sumatera Barat yang saat ini tengah berbenah di Sektor Pariwisata butuh dukungan dari seluruh pihak dan masyarakat, termasuk dari Kota Payakumbuh.

"Ke depannya Dinas Pariwisata Sumbar memiliki banyak program untuk Uda-uni dalam mempromosikan wisata di Sumbar," katanya.